ALI, MUSTAQIM (2019) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI ENERGI GERAK MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA KINCIR ANGIN DI KELAS III MI MIFTAHUL HUDA KRAJANBOGO BONANG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (449kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya materi energi gerak. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang bersifat konvensional yakni lebih terpusat pada guru (absolutivisme). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA tentang energi dan perubahannya di kelas 3 MI Miftahul Huda Krajanbogo Bonang Demak melalui alat peraga kincir angin. Manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini yaitu memberikan sumbang pemikiran dalam melakukan inovasi pembelajaran dari teacher centered ke student centered melalui penerapan alat peraga kincir angin sebagaimana teori yang digunakan dalam pembelajaran IPA. Dengan demikian, siswa akan terlibat secara langsung dalam mencari, menemukan, menggali dan memproses pengetahuannya sendiri. Study ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : Apakah dengan mengunakan alat peraga kincir angin dapat meningkatkan hasil belajar siswa di MI Miftahul Huda Krajanbogo Bonang Demak? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan tahapan dari setiap siklusnya adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dalam penelitian ini diperoleh dari guru (observer) dan siswa melalui dokumentasi, tes, dan observasi. Berdasarkan data pra siklus (sebelum penelitian dilakukan) diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 70,4 atau ketuntasan klasikan baru mencapai 60%, sedangkan data dari hasil penelitian siklus I sampai siklus II, diperoleh data bahwa hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui penerapan alat peraga kincir angin mengalami peningkatan secara signifikan dari pembelajaran sebelumnya dan hasil tes juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu ketuntasan klasikal sebesar 72% pada siklus I dan menjadi 80% pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa dengan alat peraga kincir angin dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi pokok Energi gerak di MI Miftahul Huda Krajanbogo Bonang Demak Tahun Pelajaran 2016/2017. Penerapan alat peraga kincir angin dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA tentang Energi gerak di kelas 3 MI Miftahul Huda Krajanbogo Bonang Demak Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata Kunci: Alat Peraga, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA Materi Energi Gerak
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 05 Oct 2019 06:34 |
Last Modified: | 05 Oct 2019 06:34 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1736 |
Actions (login required)
View Item |