Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DALAM KELOMPOK KECIL BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI BENDOKATON KIDUL TAYU PATI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

WILDATUN, NAFIAH (2019) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DALAM KELOMPOK KECIL BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI BENDOKATON KIDUL TAYU PATI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER PDF.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PDF.pdf

Download (868kB) | Preview
[img] Text
BAB II PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
BAB IV PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img]
Preview
Text
BAB V PDF.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN PDF.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Bendokaton Kidul Tayu Pati pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam semester II Tahun Pelajaran 2017/2018 menunjukkan hasil yang kurang optimal. Dari 22 siswa yang mencapai nilai ketuntasan baru 9 siswa atau sebesar 40,91% sedangkan siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan berjumlah 13 siswa atau sebesar 59,09%. Selain itu, siswa juga kurang perhatian dan aktif dalam mengikuti pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi permasalah tersebut adalah dengan penerapan model pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok kecil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok kecil dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di Kelas IV SD Negeri Bendokaton Kidul Tayu Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek yang diteliti adalah siswa kelas IV yang berjumlah 22 siswa. Rencana tindakan yang penulis rencanakan dalam tindakan ini adalah dengan melaksanakan perbaikan pembelajaran pra siklus dan dua siklus, yaitu: siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) menyusun rencana tindakan (planning), (2) pelaksanaan tindakan (acting), (3) Pengamatan (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Hasil analisis data penelitian menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok kecil dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di Kelas IV SD Negeri Bendokaton Kidul Tayu Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. Ini ditunjukkan dari adanya: 1) Peningkatan ketuntasan belajar siswa dari pra siklus sebesar 40,91%, meningkat menjadi 68,18% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 95,45% pada siklus II yang sudah mencapai indikator keberhasilan yang peneliti tetapkan yaitu minimal ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 85%. 2) Peningkatkan nilai rata-rata kelas siswa, yaitu: pada siklus I sebesar 67,5 meningkat pada siklus I menjadi 73,86 dan siklus II menjadi 81,36 sehingga pada siklus II ini sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu minimal nilai rata-rata mencapai 70. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Tutor Sebaya, Kelompok Kecil, PAI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 04 Oct 2019 06:54
Last Modified: 04 Oct 2019 06:54
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1730

Actions (login required)

View Item View Item