SUMIATUN, YANUARTI (2019) OPTIMALISASI PERANAN KYAI DALAM MENUNJANG KEBERHASILAN PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN LUHUR WAHID HASYIM SEMARANG TAHUN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (468kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (582kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Kyai merupakan seorang pimpinan sekaligus pendidik di lembaga pendidikan Islam yang disebut pesantren. Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam mempunyai andil penting dalam internalisasi nilai-nilai pendidikan multikultural. Peran kyai sebagai pendidik tentunya sangat mempengaruhi keberhasilan pendidikan Islam multikultural di pesantren. Pendidikan Islam multikultural merupakan alternatif utama dalam membentuk karakter santri yang demokratis, humanis, dan toleran dalam menghadapi kehidupan yang beragam. Fokus dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) pandangan (2) upaya (3) faktor-faktor pendukung dan penghambat optimalisasi peranan kyai dalam menunjang keberhasilan pendidikan Islam multikultural di Pondok Pesantren Luhur Wahid Hasyim Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) pandangan kyai tentang pendidikan Islam multikultural, (2) upaya yang dilakukan kyai dalam menunjang keberhasilan pendidikan Islam multikultural, (3) faktor-faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi optimalisasi peranan kyai dalam menunjang keberhasilan pendidikan Islam multikultural di Pondok Pesantren Luhur Wahid Hasyim Semarang. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif field reseac dan pendekatan deskripstif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) wawancara, (2) observasi, (3) dokumentasi. Analisis pengumpulan data menggunakan (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik (1) triangulasi. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pendidikan Islam multikultural di pesantren menjadi terobosan baru untuk menciptakan santri yang dapat menyikapi keberagaman dengan arif. Pendidikan pesantren yang lebih menekankan pada pembentukan karakter mempunyai implikasi dengan tujuan pendidikan Islam multikultural, yaitu terbentuknya individu yang mempunyai karakter demokratis, humanis, dan toleran. Oleh sebab itu, untuk menciptakan kehidupan yang harmonis dalam keberagaman dibutuhkan peran serta pesantren dalam membentuk karakter santri yang toleran, humanis, dan demokratis. (2) Upaya kyai terkait pendidikan Islam multiultural di pesantren dilakukan secara implisit melalui pemberian tauladan secara langsung dan terus menerus. (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi peran kyai baik yang bersifat pendukung v ataupun penghambat dalam pendidikan Islam multikultural di pesantren terdapat pada lingkungan pesantren dan universitas. Kata Kunci : Peran Kyai, Pendidikan Islam Multikultural
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 04 Oct 2019 04:33 |
Last Modified: | 04 Oct 2019 04:33 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1725 |
Actions (login required)
View Item |