Sri, Wahyuni (2019) PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENANGANI KENAKALAN SISWA DI MTs SULTAN FATAH GAJI KEC. GUNTUR KAB. DEMAK TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (830kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (383kB) | Preview |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (528kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan-permasalah yang sering terjadi yaitu masalah kenakalan siswa/remaja misalnya membolos, merokok, mengkonsumsi obat terlarang, balap liar, pacaran sekarang ini sangat memprihatinkan sehingga perlu mendapatkan tindakan yang tegas untuk segera diselesaikan. Mengingat bahwa kenakalan yang sangat potensi berkembang kearah positif maupun negatif maka perlunya pendidikan sejak dini agar anak tidak terjerumus dengan lingkungan yang salah. Peran orang tua, guru dan lingkungan sangat diperlukan dalam perkembangan anak, karena dimasa tersebut anak-anak mulai penasaran dengan kehidupan di lingkungannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Apa sajakah bentuk-bentuk kenakalan siswa yang ada di MTs Sultan Fatah Gaji Guntur Demak, 2) Apa saja faktor-faktor penyebab kenakalan siswa di MTs Sultan Fatah Gaji Guntur Demak, 3) bagaimana upaya guru aqidah akhlak dalam menangani kenakalan siswa di MTs Sultan Fatah Gaji Guntur Demak. Tujuan penelitian dilakukan adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan Peran Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak dalam Menangani Problematika Kenakalan Siswa di MTs Sultan Fatah Gaji Kec. Guntur Kab. Demak Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif mengambil lokasi di MTs Sultan Fatah Gaji Kec. Guntur Kab. Demak. Penelitian terfokuskan pada kenakalan siswa dan proses guru Agama dalam mengajar atau menangani siswa yang nakal yang ada di MTs Sultan Fatah Gaji. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) wawancara, (2) observasi, (3) dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis yang penelitian dapatkan dalam penelitian antara lain: 1) bentuk-bentuk kenakalan siswa seperti membolos, memalsukan surat ijin, ramai dikelas saat pelajaran, tidak mengerjakan tugas rumah, terlambat masuk sekolah, merokok, berpacaran. 2) Faktor penyebab kenakalan siswa adalah karena faktor keluarga, faktor sekolah dan faktor lingkungan. 3) Upaya yang dilakukan guru aqidah akhlak dalam menangani kenakalan siswa yaitu dengan upaya prefentif, represif, kuratif dan rehabilas. Kata Kunci : Peran Guru Aqidah Akhlak, Kenakalan Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 04 Oct 2019 04:27 |
Last Modified: | 04 Oct 2019 04:27 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1723 |
Actions (login required)
View Item |