Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INFORMATION SEARCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR QUR’AN HADITS KELAS VIIB DI MTs SATU ATAP PP HIDAYATUL QUR’AN NGEPREH SAYUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SOKEH, SOKEH (2019) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INFORMATION SEARCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR QUR’AN HADITS KELAS VIIB DI MTs SATU ATAP PP HIDAYATUL QUR’AN NGEPREH SAYUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (469kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertunjuan untuk mengetahui ;(1) penerapan strategi pembelajaran Information Search pada mata pelajaran Qur‟an Hadits siswa kelas VIIB MT s Satu Atap PP Hidayatul Qur‟an Ngepreh Sayung Demak Tahun Pelajaran 2017/2018 dan (2) Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Qur‟an Hadits dengan menggunakan strategi Information Search kelas VIIB MTs Satu Atap PP Hidayatul Qur‟an Ngepreh Sayung Demak Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research (CAR). Yaitu penelitian praktis yang dilaksanakan untuk memecahkan masalah faktual yang dihadapi guru sebagai suatu pencermatan terhadap kegiatan pengelola pembelajaran yang diterapkan di MTs Satu Atap PP Hidayatul Qur‟an Ngepreh Sayung Demak kelas VIIB dengan jumlah siswa 30 semua terdiri 19 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data awal lewat nilai Qur‟an Hadits semeseter gasal tahun ajaran 2017/2018 dan pemberian tes di setiap akhir siklus I siklus II dan siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran Qur‟an Hadits menggunakan strategi Pembelajaran Information Search materi“Menerapkan Al-Qur’an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehari-hari tentang toleransi” berjalan dengan baik, guru telah mempersiapkan sebelumnya rencana pembelajaran yang dimodifikasi dengan alur pembelajaran strategi Information Search dan guru mempersiapkan alat/media lembar bacaan materi, membagi kelompok sesuai jumlah materinya dan memotiasi siswa untuk mengajukan pertanyaan yang berkualitas, sedangkan murid mengikutinya dengan senang dan semangat sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik dan (2) Strategi pembelajaran dengan menggunakan Strategi Information Search dalam pembelajaran Qur‟an Hadits mampu meningkatakan prestasi belajar Qur‟an Hadits siswa juga mengalami peningkatan setelah diterapkanya strategi Information Search. Hal ini terlihat dari prosentase ketuntasan belajar secara klasikal yaitu dari data awal sebesar 50 % meningkat pada siklus I sebesar 66,66 % dan pada siklus II sebesar 80,88 % dan pada siklus yang terakhir yaitu siklus III sebesar 93,33 %. Dengan demikian penerapan strategi Information Search sangat efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata Kunci : Prestasi belajar, Information Search

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 04 Oct 2019 04:20
Last Modified: 04 Oct 2019 04:20
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1721

Actions (login required)

View Item View Item