Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AL QUR’AN HADITS MELALUI METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE KELAS X MA AL-GHOZALI KEBONBATUR MRANGGEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Rifqi, Faiz (2019) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AL QUR’AN HADITS MELALUI METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE KELAS X MA AL-GHOZALI KEBONBATUR MRANGGEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (463kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (999kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh proses pembelajaran Al-qur‟an Hadits Siswa Kelas X MA Al-Ghozali Kebonbatur Mranggen Demak masih banyak dipengaruhi oleh cara-cara tradisional, yaitu guru menyampaikan pelajaran, peserta didik mendengarkan atau mencatat dengan sistem evaluasi yang mengutamakan pengukuran kemampuan menjawab pertanyaan hafalan atau kemampuan verbal lainnya. Pembelajaran Al qur‟an hadits khusus terutama materi unsur-unsur hadits adalah mudah, akan tetapi siswa mudah untuk lupa karena penggunaan metode yang konvensianal. Ketika proses pembelajaran berlangsung siswa tidak antusias dan cenderung pasif hal ini dimungkinkan karena pembelajaran oleh guru tidak menarik, tidak ada variasi metode yang disesuaikan dengan karakteristik siswa. Tujuan penelitian adalah 1) Untuk mendiskripsikan penerapan metode everyone is a teacher here dalam pembelajaran Al qur‟an hadits kelas X MA Al-ghozali Kebonbatur Mranggen Demak. 2) Untuk mengetahui penerapan metode everyone is a teacher here dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al qur‟an hadits kelas X MA Al-ghozali Kebonbatur Mranggen Demak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas (PTK). Metode ini meliputi beberapa tahap yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Proses penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak 2 siklus dan 1 pra siklus. Indikator keberhasilan dari penelitian tindakan kelas ini pada materi unsur-unsur hadits dapat dilihat dari adanya peningkatan pada nilai tes siswa dalam pembelajaran. Siswa dikatakan tuntas apabila nilai diatas 75. Dan kegiatan siklus dikatakan berhasil apabila siswa mendapatkan nilai ketuntasan sebanyak 85%. Hasil penelitian berdasarkan analisis bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari prosentase ketuntasan siswa yaitu dari 16,67% menjadi 56,67% hingga prosentase 90%. Adapun dari hasil tersebut nilai rata-rata dapat ditunjukkan dari 66,00 pada pra siklus menjadi 73,67 siklus I dan 82,00 pada siklus II. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode everyone is a teacher herer dapat meningkatkan prestasi belajar Al-qur‟an hadits siswa kelas X MA AL-GHOZALI kebonbatur Mranggen Demak tahun ajaran 2017/2018. Kata Kunci : Prestasi Belajar dan Metode Everyone Is A Teachere Here

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 03 Oct 2019 06:32
Last Modified: 03 Oct 2019 06:32
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1710

Actions (login required)

View Item View Item