Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V SD NEGERI KARANGSARI 01 CLUWAK PATI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MUNTI’AH, MUNTI’AH (2019) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V SD NEGERI KARANGSARI 01 CLUWAK PATI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (971kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Prestasi Belajar PAI siswa di kelas V SD Negeri Karangsari 01 Cluwak Pati sebelum dilaksanakan tindakan masih rendah. Dari nilai ulangan harian PAI kelas V, diketahui bahwa dari 13 siswa, baru 5 siswa atau sebesar 38,46% yang mencapai nilai ketuntasan baru, sedangkan 8 siswa atau sebesar 61,54% belum mencapai nilai ketuntasan minimal (KKM=75). Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi permasalah tersebut adalah dengan penerapan model pembelajaran picture and picture. Tujuan dari penelitian ini adalah melalui penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas V SD Negeri Karangsari 01 Cluwak Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek yang diteliti adalah siswa kelas V sebanyak 13 siswa. Rencana tindakan yang penulis rencanakan dalam tindakan ini adalah dengan melaksanakan perbaikan pembelajaran pra siklus dan dua siklus, yaitu: siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) menyusun rencana tindakan (planning), (2) pelaksanaan tindakan (acting), (3) Pengamatan (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Hasil analisis data penelitian menyimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas V SD Negeri Karangsari 01 Cluwak Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal Ini ditunjukkan dari adanya pencapaian: 1) Peningkatan ketuntasan belajar siswa dari pra siklus sebesar 38,46%, siklus I meningkat menjadi 69,23% dan meningkat lagi pada siklu II menjadi 92,31%. Ini berarti bahwa pada siklus II yang sudah mencapai indikator keberhasilan yang peneliti tetapkan yaitu minimal ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 85%. 2) Peningkatkan nilai rata-rata kelas siswa, yaitu: pada pra siklus I sebesar 69,23 dan kemudian pada siklus I menjadi 77,69 dan siklus II menjadi 83,08 sehingga pada siklus II ini sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu minimal nilai rata-rata mencapai 75. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Model Picture and Picture, PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 03 Oct 2019 06:11
Last Modified: 03 Oct 2019 06:11
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1703

Actions (login required)

View Item View Item