MUNTAMAH, MUNTAMAH (2019) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN INTERAKTIF (INTERACTIVE INTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERARGUMENTASI DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA MAZRO’ATUL HUDA KARANGANYAR DEMAK. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (416kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Strategi pembelajaran yang baik tentu saja akan mengubah pola pikir dan semangat bagi peserta didik dalam belajar. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat diimplementasikan yaitu strategi pembelajaran interaktif. Strategi pembelajaran interaktif merupakan strategi yang digunakan oleh pendidik untuk menghidupkan suasana pembelajaran dikelas dengan metode diskusi kelompok, dimana siswa dituntut aktif dalam menyelesaikan atau memecahkan masalah, dan kemampuan untuk bertukar pendapat antar sesama siswa juga memiliki keterampilan sosial dengan baik. Focus dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) metode-metode (2) langkahlangkah (3) hasil implementasi strategi pembelajaran interaktif dalam meningkatkan kemampuan berargumentasi dan keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran Fiqih di MA Mazro‟atul Huda Karanganyar Demak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) metode-metode yang tepat digunakan dalam strategi pembelajaran interaktif (2) langkahlangkah yang digunakan dalam mengimplementasikan strategi pembelajaran interaktif (3) hasil implementasi strategi pembelajaran interaktif dalam meningkatkan kemampuan berargumentasi dan keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran Fiqih di MA Mazro‟atul Huda Karanganyar Demak. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) observasi (2) wawancara dan (3) dokumentasi. Analisis pengumpulan data menggunakan (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik (1) uji kredibilitas (2) uji transferability (3) uji dependanility (4) uji confirmability. Kesimpulan penelitian menunjukan: (1) Metode-metode yang tepat digunakan dalam strategi pembelajaran interaktif untuk meningkatkan kemampuan berargumentasi dan keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran Fiqih di MA Mazro‟atul Huda Karanganyar yaitu diskusi dan ceramah, (2) langkah-langkah pembelajaran interaktif yaitu mempelajari materi yang disampaikan kepada siswa khususnya yang materi yang berhubungan dengan diskusi, kemudian siswa dibagi menjadi kelompok secara acak, menyiapkan segala peralatan yang akan digunakan dan untuk hasil akhir dibuat kesimpulan. Selanjutnya guru melakukan refleksi kepada peserta didik agar tertarik dalam proses pembelajaran. Adapun refleksi biasanya berisi motivasi dan semangat yang diberikan guru kepada siswa (3) Hasil dari implementasi strategi pembelajaran interaktif untuk meningkatkan kemampuan berargumentasi dan keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran Fiqih di MA Mazro‟atul Huda Karanganyar bisa dikatakan cukup berhasil. Hal itu bisa dilihat dari hasil yang diperoleh dari rata-rata siswa untuk masing-masing kelas kurang lebih sama yakni sekitar 50-65% Kata Kunci : Strategi, Pembelajaran Interaktif, Berargumentasi dan Keterampilan Sosial
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 03 Oct 2019 06:08 |
Last Modified: | 03 Oct 2019 06:08 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1702 |
Actions (login required)
View Item |