MUH FATAH, DAHLAN (2019) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS X MA NURUL ILMI BATEGEDE NALUMSARI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (384kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (441kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (667kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penulisan skripsi ini mempunyai beberapa alasan sebagai berikut : 1)Strategi pembelajaran yang baik harus terdapat kesesuaian antara materi, metode, waktu dan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai, 2) Strategi pembelajaran yang tepat akan dapat memacu hasil siswa dalam belajar terutama dalam memecahkkan masalah dalam belajar yang dihadapinya dan 3) Hasil siswa perlu dibina dan diarahkan sehingga siswa kelas X MAmpu belajar secara mandiri guna meningkatkan prestasi dalam belajarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakah Strategi Pembelajaran di MA Nurul Ilmi Bategede Nalumsari Jepara?, Bagaimanakah tingkat Hasil Belajar Al-Qur‟an Hadits Siswa kelas X MA Nurul Ilmi Bategede Nalumsari Jepara ? dan 3) Adakah pengaruh Strategi Pembelajaran terhadap Peningkatan Hasil Belajar Al-Qur‟an Hadits Siswa kelas X MA Nurul Ilmi Bategede Nalumsari Jepara ? Tujuan dari penelitian yang penulis lakukan adalah : (1) Untuk mengetahui Strategi Pembelajaran di MA Nurul Ilmi Bategede Nalumsari Jepara., 2) Untuk mengetahui Hasil Belajar Al-Qur‟an Hadits Siswa kelas X MA Nurul Ilmi Bategede Nalumsari Jepara dan 3) Untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh Strategi Pembelajaran terhadap Peningkatan Hasil Belajar Al-Qur‟an Hadits Siswa kelas X MA Nurul Ilmi Bategede Nalumsari Jepara. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket. Adapun jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MA Nurul Ilmi Bategede Nalumsari Jepara, yang berjumlah 32 siswa. Sedangkan analisis uji hipotesis menggunakan “korelasi product moment”. Dari pembahasan teori yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya maka, penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut : 1) Strategi Pembelajaran di MA Nurul Ilmi Bategede Nalumsari Jepara termasuk lebih dari cukup, yaitu 79,09 dalam interval nilai 70, artinya pembelajaran Aqidah Akhlak telah berjalan dengan baik., 2) Hasil Belajar Al-Qur‟an Hadits siswa kelas X MA Nurul Ilmi Bategede Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017, adalah baik, yaitu 80,18., yang termasuk ke dalam interval nilai 80 dan 3) Ada pengaruh yang signifikan Strategi Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Al-Qur‟an Hadits Siswa kelas X MA Nurul Ilmi Bategede Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis product moment r o (0,780) lebih besar daripada r t (0,349), pada taraf signifikansi 5 %. Dan 1 %, maka hasil yang diperoleh adalah r observasi (0,780) lebih besar hasilnya daripada r dalam tabel (0,442). Berarti signifikan dan ada pengaruh positif. Dengan demikian hipotesis yang diajukan telah terbukti dan diterima kebenarannya. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran dan Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 03 Oct 2019 03:51 |
Last Modified: | 03 Oct 2019 03:51 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1697 |
Actions (login required)
View Item |