Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III MAPEL IPA PADA MATERI LINGKUNGAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI MI MATHOLI’UL ULUM MENCO WEDUNG DEMAK

Mahfudzun, Mahfudzun (2019) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III MAPEL IPA PADA MATERI LINGKUNGAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI MI MATHOLI’UL ULUM MENCO WEDUNG DEMAK. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (976kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Dimana penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Instrument yang lembar soal akhir siklus, dan dokumentasi, dengan harapan peserta didik bisa mendapatkan nilai di atas KKM yaitu untuk Aktivitas belajar KKM nya adalah 65, dan hasil belajar KKM nya adalah 65. Berdasarkan analisis dan pengamatan hasil dari penelitian tersebut diperoleh informasi bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik, terlihat pada siklus I rata-rata persentase aktivitas belajar sebesar 60,13.dan rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 63,45, dan pada siklus II rata-rata persentase aktivitas belajar sebesar 65,73.dan rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 66,90 Sedangkan pada siklus III rata-rata persentase aktivitas belajar peserta didik sebesar 78,23 dan rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 77,24. Pada siklus I masih ada peserta didik yang mendapat nilai dibawah KKM yaitu 50, begitu juga pada siklus II masih ada peserta didik yang mendapat nilai dibawah KKM yaitu 50namun pada siklus III nilai terendahnya adalah 70dan sudah tidak ada lagi peserta didik yang mendapat nilai dibawah KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin besar rata-rata aktivitas belajar peserta didik, semakin besar pula rata-rata nilai tes hasil belajar peserta didik, dan sebaliknya. Kata kunci dalam penelitian tindakan kelas yang dilakukan peneliti di MI Matholi’ul Ulum Menco Wedung Demak kelas III materi lingkungan adalah: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Proses Aktivitas Pembelajaran, hasil Belajar, dan Mata Pelajaran IPA Materi Lingkungan. Kata Kunci: Peningkatan, Aktivitas Belajar, Model Problem Based Learning (PBL)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 03 Oct 2019 03:48
Last Modified: 03 Oct 2019 03:48
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1696

Actions (login required)

View Item View Item