Wahid Hasyim University | Digital Repository

IMPLEMENTASI METODE FUN LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PAI MATERI SALAT BERJAMA’AH DI SD ALAM AULIYA KENDAL KELAS I SEMESTER II TAHUN 2018

M. Afiyudin, Lubis (2019) IMPLEMENTASI METODE FUN LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PAI MATERI SALAT BERJAMA’AH DI SD ALAM AULIYA KENDAL KELAS I SEMESTER II TAHUN 2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (397kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Membahas persoalan tentang metode pembelajaran tidak terlepas dari upaya untuk neningkatkan minat bagi peserta didik untuk lebih menyukai tentang pembelajaran, pelajaran yang menyenangkan itu sangat dibutuhkan dalam proses belajar khususnya pada pelajaran pendidikan agama islam. Maka peneliti menerapkan sebuah” metode fun learning yaitu situasi dimana murid merasa nyaman, tenang, dan tidak ada tekanan dalam belajar Fokus pada penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) Implementasi metode ful learning(2) faktor pendukung dan faktor penghambat metode fun learning dalam pembelajaran PAI materi salat berjama’ah di SD Alam Auliya Kendal kelas I semester II tahun 2018. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Implementasi metode ful learning (2) faktor pendukung dan faktor penghambat metode fun learning dalam pembelajaran PAI materi salat berjama’ah di SD Alam Auliya Kendal kelas I semester II tahun 2018. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui (1) wawancara (2) observasi (3) dokumentasi. Analisis pengumpulan data menggunakan (1) reduksi data dan (2) penyajian data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan tehnik (1) trianggulasi. Kesimpulan penelitian menunjukkan metode fun learning Merupakan metode belajar mengajar yang menyenangkan, menggembirakan dan mengasikkan, mengubah dari belajar yang menekankan pada cara menghafal kepada belajar untuk memahami, dari yang hanya transfer pengetahuan kepada bentuk yang interaktif, pemecahan masalah dan keterampilan dalam proses, dari paradigma guru mengajar kepada murid belajar, dan dari bentuk evaluasi tradisional ke bentuk authentic assessment, seperti porto folio, proyek, laporan murid, atau penampilan murid. Metode pembelajarn fun learning pada pelajaran PAI materi salat berjama,ah di SD Alam Auliya Kendal kelas I semester II tahun 2018 dimulai dengan tiga tahapan, yaitu pertama persiapan, inti dan penutup. Kata Kunci : Implementasi, Metode , fun learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 03 Oct 2019 02:41
Last Modified: 03 Oct 2019 02:41
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1695

Actions (login required)

View Item View Item