Laili, Inayatul Maula (2019) MODEL SEKOLAH ALAM UNTUK PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP ALAM QORYAH THOYYIBAH DESA KALIBENING TINGKIR KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018-2019. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (515kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (582kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi moral agama siswa pada saat ini menghawatirkan yang perlu adanya pengembangan nilai-nilai keagamaan di sekolah. Sekolah adalah salah satu tempat berlangsungnya pendidikan, salah satunya sekolah alam Qoryah Thoyyibah ini yang memberikan kebebasan siswanya dalam memilih tempat belajar. Bahwa belajar tidak harus didalam kelas, belajar bisa dimanapun tempatnya bahkan dialam yang bebas. Sehingga pembelajaran yang dilakukan menjadikan siswa aktif dan menyenangkan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan nila-nilai keagamaan pada sekolah alam, serta mencari tahu bagaimana implementasi pengembangan nilai-nilai keagamaan yang ada pada sekolah alam Qoryah Thoyyibah dan apa saja yang menjadi faktor pendukung dan pengahambat dalam proses pengembangan nilai-nilai keagamaan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Alam Qoryah Thoyyibah Desa Kalibening Tingkir Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018-2019. Hasil penelitian menunjukkan:1) Pelaksanaan penanaman nilai-nilai keagamaan yang diterapkan di SMP Alam Qoryah Thoyyibah melalui pelajaran PAI dan penyisipan nilai-nilai keagamaan dalam semua materi yang sedang dibahas. Nilai-nilai keagamaan yang di terapkan pada siswa meliputi 3 aspek diantaranya, nilai aqidah, nilai syari‟ah dan nilai akhlak. 2) Implementasi pengembangan nilai-nilai keagamaan ditunjukkan oleh sikap siswa yang mentaati peraturan yang ada baik itu dengan guru maupun dengan teman dan bisa mendudukkan posisi dia sebagai siswa terhadap guru maupun siswa dengan sesamanya, melaksanakan sholat, kepedulian sosial dan akhlak yang baik yang ditunjukkan pada masyarakat. 3) Faktor pendukung dan penghambat adalah guru guru yangbe rijasah PAI, Materi mudah dipelajari. Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya guru tidak fulltime mendampingi, pergaulan negatif muda mudi,Adanya beberapa siswa yang belum bisa baca tulis Al-Qur‟an ,Cenderung menganggap mudah atau meremehkan materi. Kata Kunci : Sekolah alam, pengembangan dan nilai-nilai keagamaan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 03 Oct 2019 02:20 |
Last Modified: | 03 Oct 2019 02:20 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1691 |
Actions (login required)
View Item |