HANIATUL, FASIKHAH (2019) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MUHASABAH WA TARBIYAH DENGAN PENDEKATAN PERSUASIF DI PONDOK PESANTREN ASKHABUL KAHFI SEMARANG. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (508kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (513kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian adalah bahwa dunia pendidikan digoncangkan dengan turunnya karakter anak bangsa pada saat ini. Fenomena ini di dasari dari kurangnya pendidikan dan perhatian dari lingkungan sekelilingnya dan mengejutkan lagi bahwa pelaku tersebut anak-anak yang rata-rata di bawah umur. Karena itu pondok pesantren dinilai dapat mengembangkan dan membentuk karakter islami. Pondok Pesantren Askhabul Kahfi ini dapat merubah dan meningkatkan karakter islami melalui kegiatan-kegiatan positif. Tujuan peneliti, 1) untuk mengetahui proses penerapan pendidikan karakter dengan metode muhasabah wa tarbiyah di Pondok Pesantren Askhabul Kahfi Semarang. 2) untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam penerapan metode muhasabah wa tarbiyah. 3) mengetahui penerapan pendekatan persuasif untuk mengoptimasi metode muhasabah wa tarbiyah. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kualitatif deskriptif. Pendekatan yang di gunakan adalah pendekatan persuasif. Untuk mengetahui kondisi personal peserta didik dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang dapat menanamkan nilai-nilai karakter dan juga peneliti mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang ada di lapangan. Pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian ini dapat di simpulkan bahwa: pelaksanaan pendidikan karakter berbasis pondok pesantren yang dilaksanakan oleh para peserta didik secara terus menerus dan berkelanjutan melalui kegiatan-kegiatan keseharian dalam lingkungan yang kondusif. Mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali peserta didik melakukan kegiatan tanpa ada rasa mengeluh. Upaya yang dilakukan oleh pendidk dan pengasuh ponpes dalam menanamkan nilai-nilai karakter dengan metode muhasabah wa tarbiyah di Pondok Pesantren Askhabul Kahfi. Nilai-nilai karakter tersebut dapat mengembangkan dan membentuk karakter islami. Faktor penghambatnya adalah metode muhasabah wa tarbiyah dilakukan secara kolektif peserta didik yang berbeda karakter sulit untuk dibimbing dan dikendalikan dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang di sekolah dan asrama. Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Muhasabah Wa Tarbiyah, Pendekatan Persuasif
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 02 Oct 2019 03:01 |
Last Modified: | 02 Oct 2019 03:01 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1680 |
Actions (login required)
View Item |