Ernawati, Ernawati (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL KISAH KISAH NABI DAN ROSUL (NAMA-NAMA NABI DAN ROSUL) MELALUI METODE BERNYANYI DIKELAS V SD NEGERI 02 BATURSARI SIRAMPOG BREBES TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (813kB) | Preview |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (930kB) |
||
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (796kB) |
||
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (722kB) |
||
|
Text
Bab V.pdf Download (556kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (616kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Menghafal adalah menyebutkan kembali apa yang telah kita ingat secara berulang-ulang. menghafal dan bernyanyi adalah rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan kegiatan belajar sambil bermain atau bernyanyi untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk mencari dan mengingat secara sistematis sehingga mereka dapat menghafal pelajaran-pelajaran yang diberikannya tanpa adanya kejenuhan. Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan guru yang dalam menjalankan fungsinya merupakan alat untuk mencapai tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran lebih bersifat prosedural yaitu berisi tahapan tertentu, dengan kata lain metode yang dipilih masing-masing guru adalah sama tetapi menggunakan teknik yang berbeda-beda. Guru dalam proses pembelajaran harus bersifat fasilitator yang dapat memberikan dukungan terhadap terciptanya proses pembelajaran kondusif agar siswa belajar secara aktif dan menyenangkan. Bernyanyi merupakan tindakan mengeluarkan suara cengeng syair-syair yang digunakan. Mengelola kelas dengan bernyanyi berarti menciptakan dan mengelola pembelajaran dengan menggunakan syair-syair yang dilakukan biasanya syair-syair tersebut disesuaikan dengan materi-materi yang akan diajarkan. Metode bernyanyi membuat suasana belajar menjadi riang dan bersemangat sehingga perkembangan anak dapat distimulasi secara lebih optimal. Metode penelitian yang kami gunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengumpulan atasan metode menganalisis data dokumentasi, wawancara, tes, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keberhasilan siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI di kelas V dalam materi Nabi dan Rosul menggunakan metode bernyanyi sangatlah efektif karena dapat meningkatkan ketuntasan siswa dan mengalami peningkatan dari pra siklus hingga siklus II menjadi 92,30% dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keberhasilan siswa pada pembelajaran mengalami peningkatan. Kata Kunci, Menghafal, Metode
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 02 Oct 2019 02:35 |
Last Modified: | 02 Oct 2019 02:35 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1675 |
Actions (login required)
View Item |