Addinur, Rofikoh (2019) NILAI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KISAH UMAR BIN ABDUL AZIZ DAN RELEVANSINYA PADA PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (649kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (472kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (617kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (595kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan Karakter adalah bentuk kegiatan manusia yang di dalamnya terdapat suatu tindakan yang mendidik diperuntukkan bagi generasi selanjutnya. Pendidikan karakter dalam dunia pendidikan ini dijadikan sebagai wadah atau proses untuk membentuk pribadi anak agar menjadi pribadi yang baik. Umar bin Abdul Aziz merupakan keturunan khulafaur rasyidin ke-2 yaitu Umar Bin Khathab. Umar bin Abdul Aziz merupakan cicit Umar bin Khathab dari anak yang bernama Ashim. Ia merupakan sosok pemimpin zuhud dan cerdas yang layak di teladani dalam membangun karakter bangsa. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter dalam kisah Umar Bin Abdul Aziz? (2) Bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam kisah Umar Bin Abdul Aziz pada pendidikan Islam?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Apa saja nila-nilai pendidikan karakter dalam kisah Umar Bin Abdul Aziz (2) Bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam kisah Umar Bin Abdul Aziz pada pendidikan Islam. Penelitian ini dilakukan dengan metode Historis kepustakaan (Library Research). Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi yaitu dengan cara mengumpulkan data sebanyak-banyaknya baik berupa buku-buku, artikel, surat kabar, tabloid, majalah, website, multiply, dan blog di internet yang berhubungan dengan objek penelitian. Metode analisis data menggunakan analisis Koherensi intern dan historigraf. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan: (1) Nilai-nilai pendidikan karakter yang dapat disimpulkan dalam kajian ini ada dua puluh tiga nilai karakter, yaitu: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokrasi, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, adil, visioner, santun dan pemaaf, sabar, dan yang terakhir tegas. (2) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam kisah Umar bin Abdul Aziz tersebut sangat relevan untuk dijadikan pedoman dalam penyempurna pelaksanaan pendidikan Islam di madrasah formal maupun madrasah nonformal. Pendidikan karakter dalam kaitannya dengan pendidikan Islam ini mempunyai relevansi yaitu nilai-nilai pendidikan karakter dalam kisah Umar bin Abdul Aziz memiliki karakter mulia yang sesuai dengan tujuan pendidikan Islam. Kata Kunci: Nilai-nilai pendidikan karakter, Kisah Umar bin Abdul Aziz, Pendidikan Islam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 01 Oct 2019 04:07 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 04:07 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1665 |
Actions (login required)
View Item |