Rizqi, Alan Parthasena (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KAYANG MENGGUNAKAN MEDIA DINDING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KRAMAT KABUPATEN TEGAL TAHUN 2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (732kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (209kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang masalah rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan siswa belum mampu melakukan gerakan kayang dengan benar karena siswa takut akan terjatuh ataupun cedera pada saat melakukan gerakan kayang Karena anak takut cedera terutama pada saat mereka akan melentingkan badan untuk kayang. Untuk itu, lebih baik bila dalam pelaksanaannya menggunakan bantuan dinding. Diharapkan peserta didik akan Iebih berani melakukannya. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (ClassroomAction Research) menggunakan sampel 34 yang diambil dengan teknik accidental sampling. serta alat bantu yang digunakan dalam proses penelitian berupa bantuan media dinding dan penilaian pembelajaran gerakan kayang melalui 2 siklus. Sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran kayang dengan menggunakan media dinding (afektif) pada siklus pertama mencapai tingkat pencapaian 63,38%, sedangkan pada siklus kedua mencapai 76,47%. Ini berarti ada peningkatan sebesar 0,4 (middle gain). Pembelajaran kayang dengan menggunakan media dinding (kognitif) pada siklus pertama mencapai tingkat pencapaian 62,65%, sedangkan pada siklus kedua mencapai 75,29%. Ini berarti ada peningkatan sebesar 0,3 (middle gain). Pada siklus pertama mencapai tingkat pencapaian 65,44%, sedangkan pada siklus kedua mencapai 77,20%. Ini berarti ada peningkatan sebesar 0,3 (middle gain). Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatkan hasil belajar kayang menggunakan bantuan media dinding pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kramat Kabupaten Tegal. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan bagi siswi dan khususnya guru untuk dapat meningkatkan kemampuan mengajar senam ketangkasan khususnya gerak dasar kayang, agar proses belajar mengajar berlangsung secara efektif. Kata Kunci : Media Dinding, Pembelajaran, Kayang
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 08 Jan 2019 01:54 |
Last Modified: | 08 Jan 2019 01:55 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1423 |
Actions (login required)
View Item |