Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA MENYAMPING MELALUI VARIASI BERMAIN BOLA SASARAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 DEMAK TAHUN 2018

Mohamad, Nasir (2018) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA MENYAMPING MELALUI VARIASI BERMAIN BOLA SASARAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 DEMAK TAHUN 2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan kognitif, afektif, psikomotor siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Demak Tahun 2018 pada mata pelajaran Penjasorkes tolak peluru gaya menyamping melalui variasi bermain bola sasaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pengamatan dilapangan yang dilakukan oleh evaluator dan kuesioner siswa. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan rumus yang ada oleh evaluasi kolabolator yaitu guru penjas bersama peneliti. Data dari pengamatan psikomotor diperoleh hasil pada siklus I rata-rata mencapai 69,53 dan mengalami kenaikan pada siklus II mencapai 79,38, hasil dari kedua siklus tersebut kemudian dianalisis dan mengalami peningkatan sebesar 0,3 dengan criteria sedang. Data hasil pengamatan afektif pada siklus I mencapai 64,53 pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 77,34, setelah dianalisis dan mengalami peningkatan sebesar 0,4 dengan criteria sedang. Dari hasil pemahaman siswa kognitif pada siklus I mencapai 67,03 pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 76,72, setelah dianalisis dan mengalami peningkatan sebesar 0,3 dengan criteria sedang. Berdasarkan kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran tolak peluru gaya menyamping melalui variasi bermain bola sasaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu diharapkan bagi guru penjasorkes di SMP Negeri 4 Demak dapat menggunakan variasi bermain bola sasaran dalam pembelajaran tolak peluru gaya menyamping. Pembelajaran dengan mengunakan gaya menyamping melalui variasi bermain bola sasaran juga dapat dijadikan alternatif sistem pengajaran agar suasana pembelajaran selalu menyenangkan sesuai tujuan dalam pembelajaran PAIKEM. KataKunci : Hasil belajar, Tolak Peluru Gaya Menyamping,Variasi Bermain Bola.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 07 Jan 2019 03:31
Last Modified: 07 Jan 2019 03:31
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1412

Actions (login required)

View Item View Item