Imam, Syibaweh (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN ENGKLEK PADA SISWA KELAS III MI MA’HADUL ULUM KABUPATEN DEMAK TAHUN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (684kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (198kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (116kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran lompat jauh pada siswa kelas III di MI Ma’hadul Ulum Kabupaten Demak masih dianggap kurang menarik dan motivasi siswa rendah.Hal ini terlihat dari jumlah siswa yang tidak tuntas pada pembelajaran lompat jauh sebesar 55 % dari jumlah siswa keseluruhan.Untuk itu diperlukan pendekatan pembelajaran yang tepat yaitu dengan pendekatan bermain engklek sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah modifikasi permainan engklek dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas III di MI Ma’hadul Ulum Kabupaten Demak? Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas.Dalam pelaksanaannya terdiri dari dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan satu kali pertemuan dan terdiri dari empet tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III di MI Ma’hadul Ulum Kabupaten Demak yang berjumlah 20 orang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja siswa, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, dan tes tertulis (kognitif). Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil prosentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I, siswa yang mendapat nilai tuntas sebesar 55 % (11 siswa) dan yang tidak tuntas sebesar 45 % (9 siswa).Pada siklus II siswa yang mendapat nilai tuntas sebesar 90 % (18 siswa) dan siswa yang tidak tuntas sebesar 10 % (2 siswa).Hal tersebut di atas menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 35 %, dari siklus I sebesar 55 % siswa yang tuntas menjadi 90 % siswa yang tuntas pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa modifikasi permainan engklek dalam pembelajaran lompat jauh dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas III di MI Ma’hadul Ulum Kabupaten Demak.Diharapkan bagi siswa untuk meningkatkan semangat belajar dan sikap disiplin.Bagi guru diharapkan untuk dapat menciptakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan.Bagi lembaga, penelitian ini diharapkan sebagai pembelajaran yang inovatif dan kreatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kata kunci : Hasil belajar lompat jauh, Permainan Engklek.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 07 Jan 2019 02:09 |
Last Modified: | 07 Jan 2019 02:09 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1399 |
Actions (login required)
View Item |