Faizal, Karunia Widhianto (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI PENDEKATAN LOMPAT KANGURU PADA SISWA KELAS V SDN KARANGANYAR 01 TAHUN 2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (644kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (201kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan observasi yang dilakukan di SD Negeri Karanganyar 01 bahwa dalam proses pembelajaran lompat jauh belum maksimal karena hasil belajar siswa dalam materi lompat jauh banyak yang belum mencapai batas Kriteria ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75.Hasil belajar yang masih rendah maka perlu adanya penggunaan pendekatan yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh menggunakan pendekatan bermain lompat kanguru. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan metode tes dan non tes (observasi dan dokumentasi). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Karanganyar 01 Tahun Pelajaran 2017 / 2018 yang berjumlah 37 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 tahap siklus, yang setiap siklusnya meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil observasi pra siklus diperoleh ketuntasan belajar siswa sebanyak 17 siswa (45,95%) dengan nilai rata-rata kelas 74. Setelah menggunakan metode bermain lompat kanguru (siklus I) diperoleh ketuntasan belajar siswa sebanyak 28 siswa (75,67%) dengan nilai rata-rata kelas 76 dan pada siklus II meningkat sebanyak 34 siswa (91,89%) dengan nilai rata-rata kelas82. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran lompat jauh menggunakan pendekatan bermain lompat kaguru mampu meningkatkan hasil belajar siswa karena siswa menjadi antusias dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran lompat jauh. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya pengetahuan guru tentang penggunaan pendekatan bermain lompat kanguru dan bisa digunakan untuk referensi pembelajaran berikutnya. Kata Kunci : Bermain Lompat Kanguru, Lompat Jauh
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 07:37 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 07:37 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1395 |
Actions (login required)
View Item |