Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN GIDANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DRIBBLING BOLA BASKET PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KENDAL TAHUN 2018

Aris, Triwibowo (2018) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN GIDANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DRIBBLING BOLA BASKET PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KENDAL TAHUN 2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (957kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya sarana prasaran pembelajaran untuk permainan basket di SMP N 3 Kendal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model permainan Gidang yang layak dijadikan sebagai alternatif pembelajaran dribbling pada permainan bola basket bagi siswa Sekolah Menengah Pertama khususnya pada siswa SMP N 3 Kendal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Pengembangan model permainan ini melalui beberapa tahapan diantaranya: pendahuluan, penentuan dan pengumpulan materi, pembuatan produk awal, evaluasi dan revisi. Setelah melalui tahap pembuatan produk awal, kemudian produk tersebut divalidasi oleh ahli permainan ahli pembelajaran. Setelah itu produk diuji coba kepada siswa melalui tahap uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Subjek uji coba produk adalah siswa kelas VIII siswa SMP Negeri 3 Kendal. Data dikumpulkan melalui angket, dan wawancara. Kualitas model permainan yang yang dikembangkan menurut penilaian dari ahli permainan I dengan rerata skor 3,9 termasuk dalam kriteria “Baik” dan menurut ahli permainan II dengan rerata skor 3,8 termasuk dalam kriteria “Baik”. Menurut ahli pembelajaran I dengan rerata skor 4,3 termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dan menurut ahli pembelajaran II dengan rerata skor 4,2 termasuk dalam kriteria “Baik”, sedangkan untuk penilaian siswa pada uji skala kecil rerata skor pada keseluruhan penilaian siswa adalah 4,06 termasuk dalam kategor i “Baik”. Pada uji coba skala besar rerata skor keseluruhan penilaian siswa pada uji skala besar adalah 4,18 termasuk dalam kategori “Baik”. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa permainan Gidang layak dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran dribbling permainan bola basket pada siswa sekolah menengah pertama. Guru hendaknya lebih kreatif dan inovatif dalam menyampaikan materi kepada siswa dan dapat mengatasi keterbatasan-keterbatasan sarana dan prasarana yang ada di sekolah. Kata Kunci: Pengembangan, Pembelajaran Dribbling, Bola Basket

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 03 Jan 2019 03:29
Last Modified: 03 Jan 2019 03:29
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1386

Actions (login required)

View Item View Item