Aloysius, Dwi PS (2018) KINERJA GURU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SDLB SE-KOTA SEMARANG TAHUN 2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (846kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (343kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (360kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
||
|
Text
BAB VII.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian mengacu pada hasil pengamatan terhadap pembelajaran pendidikan jasmani di SDLB di Kota Semarang. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani di SDLB di Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran pendidikan jasmani di SDLB di Kota Semarang dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Instrumen penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Jasmani di SDLB di Kota Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, display data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah dalam tahap perencanaan guru kurang melakukan perencanaan dengan baik khususnya dalam menyusun RPP. Faktanya bahwa belum semua guru mata pelajaran pendidikan jasmani Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) di Kota Semarang menyusun rencana program pembelajaran, dari 6 sekolah terdapat 1 guru mata pelajaran pendidikan jasmani yang telah menyusun rencana program pembelajaran, dan 5 guru mata pelajaran pendidikan jasmani lainnya belum menyusun rencana program pembelajaran. Teknik penilaian yang digunakan guru yaitu menggunakan test praktik, tes tertulis dan penilaian sikap. kesimpulan: tahap perencanaan pembelajaran guru pendidikan jasmani perlu perbaikan dalam menyusun RPP. Tahap pelaksanaan materi pembelajaran dan strategi yang diterapkan oleh guru pendidikan jasmani di SDLB di Kota Semarang sesuai dengan ketunaan dan kemampuan siswa. Tahap evaluasi proses penilaian meliputi aspek kognitif, psikomotor, dan afektif melalui teknik penilaian berupa test praktik, tes tertulis, dan pengamatan sikap. Saran: Guru sebaiknya mengembangkan model-model pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif dalam pembelajaran. Buatlah lebih banyak variasi materi untuk memperkaya pengetahuan gerak siswa dan mencegah siswa dari kejenuhan dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan Kata Kunci : Kinerja Guru, Pendidikan Jasmani, SDLB.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 03 Jan 2019 03:19 |
Last Modified: | 03 Jan 2019 03:19 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1384 |
Actions (login required)
View Item |