Wahid Hasyim University | Digital Repository

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PENGUATAN KARAKTER KEBANGSAAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 4 CEPIRING KENDAL

Yusuf, Yusuf (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PENGUATAN KARAKTER KEBANGSAAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 4 CEPIRING KENDAL. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (972kB) | Preview
[img]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (972kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. BAB I.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] Text
03. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text
04. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text
05. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB)
[img]
Preview
Text
06. BAB V.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

Fenomena yang terjadi adalah mulai rapuhnya keragaman dan rentannya Indonesia mengalami konflik horisontal, munculnya berbagai persoalan bangsa Indonesia bisa disebabkan karena minimnya sikap mutikulturalisme atau semakin merosotnya sikap pluralisme sebagai imbas degradasi moral. Ironisnya, hal tersebut juga telah masuk pada wilayah pendidikan, yang melibatkan murid dan mahasiswa. Lembaga pendidikan yang seharusnya memberikan muatan kebangsaan dan cinta sesama anak bangsa sebagai bagian yang terintegrasi dalam transfer of knowledge pendidikan belum mencapai sasaran. Artinya, pendidikan belum sepenuhnya mampu membangun karakter (character building) pada pelajar sebagai kesadaran bangsa yang majemuk. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan sebagai berikut: 1) Bagaimanakah implementasi pendidikan multikultural di SMPN 4 Cepiring Kendal?. 2) Bagaimanakah strategi pembelajaran di SMPN 4 Kendal dalam kerangka pendidikan multikultural?. 3) Bagaimana pendidikan multikultural tersebut berfungsi menguatkan karakter kebangsaan siswa? Jenis penelitian lapangan ini bersifat kualitatif dengan pendekatan naturalistik, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, data yang telah di dapat kemudian dianalisis melalui analisis data dengan melalui empat tahapan yaitu data collection, data reduction, data display dan conclussion/drawing/verifying. Kesimpulan dari penelitian adalah 1) Implementasi pendidikan multikultural di SMPN 4 Cepiring Kendal dilakukan dengan memadukan berbagai matri seperti pendidikan agama Islam dengan PPKn dan mengaktifkan kegiatan OSIS, kegiatan keagamaan seperti memperingati hari keagamaan dan pramuka yang penuh dengan kerja sama, saling menghargai, toleransi, kasih sayang dan empati. 2) Strategi pembelajaran di SMPN 4 Kendal dalam kerangka pendidikan multicultural dilakukan dengan merencanakan pembelajaran yang berbasis multicultural dengan memasukkan unsur multicultural pada setiap mata pelajaran atau memadukan beberapa mata pelajaran yang tertuang dalam silabus dan RPP, melaksanakan proses pembelajaran yang berbasis cooperative learning dan active learning, sehingga terjalin kerja sama, saling menhargai, empati, kompetisi, dan kasih sayang diantara sesama siswa dalam setiap proses belajar yang dilakukan siswa, terakhir melakukan evaluasi yang lebih mengedepankan perilaku dan sikap sosial siswa dalam keseharian di sekolah. 3) Pendidikan multikultural yang berfungsi menguatkan karakter kebangsaan siswa dilakukan guru dengan melakukan kegiatan pendidikan dengan mengedepankan rasa, memberikan keteladanan pendidikan multicultural dengan saling menghargai dan menghormati dengan sesama guru dan menyanyi siswa sebagai satu kesatuan berbangsa dan bernegara, selain itu siswa ditekankan untuk mengedepankan sikap toleran dalam kehidupan sehari melalui mata pelajaran, kegiatan di sekolah dan interaksi keseharian di sekolah sehingga mampu menumbuhkan karakter kebangsaan yang saling menghargai perbedaan dengan penuh toleransi, empati dan kebersamaan. Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Multikultural, Penguatan, Karakter Kebangsaan, Siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 05 Dec 2018 06:20
Last Modified: 05 Dec 2018 06:20
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1363

Actions (login required)

View Item View Item