MUSAFAK, MUSAFAK (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN RELIGIUS DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI MTs YASPIA NGROTO KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (351kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (669kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (490kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (590kB) | Preview |
Abstract
Penanaman nilai-nilai religius dan disiplin perlu dimulai sejak dini agar terciptanya karakter yang baik di kalangan peserta didik yang nantinya akan menjadi manusia dewasa. Oleh Karena itu, nilai religius dan disiplin penting sekali diterapkan di sekolah agar anak terbiasa menjalani kehidupan yang terstruktur. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana implementasi pendidikan religius dalam pembentukan karakter disiplin siswa di MTs YASPIA Ngroto Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan? (2) Apa saja dampak positif dari implementasi pendidikan religius dalam pembentukan karakter disiplin siswa di MTs YASPIA Ngroto Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan? Jenis penelitian ini adalah penelitian field research, yaitu penelitian yang dilakukan di lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk memperoleh data implementasi pendidikan religius dalam pembentukan karakter disiplin siswa di MTs YASPIA Ngroto Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik reduksi data, paparan data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi pendidikan religius dalam pembentukan karakter disiplin siswa di MTs YASPIA Ngroto Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan menggunakan beberapa model pendidikan karakter, yaitu model bidang studi dan model ektrakrikuler. Selain itu pendidikan religius juga terintegrasi dengan kegiatan rutin di sekolah. Penyelenggaraan pendidikan religius siswa di MTs YASPIA Ngroto Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan dilakukan dengan pengintegrasian melalui mata pelajaran, melalui kegiatan spontan, pengkondisian dan melalui program pengembangan diri berupa kegiatan-kegiatan pembisaan, pelaksanakaan ektrakurikuler, dan kegiatan peringatan hari besar Islam. Keteladanan guru juga sangat berpengaruh dalam pengembangan pendidikan karakter siswa, guru senantiasa dapat memberikan contoh perilaku yang yang baik agar dapat ditiru oleh siswa. Pendidikan karakter religius dan disiplin telah terlaksana di sekolah, ini tercermin dengan datangnya siswa sekolah dengan tepat waktu dan pulang sekolah dengan waktu yang telah ditentukan, shalat dhuhur berjamaah, siswa tertib dalam mengikuti pembelajaran di kelas, menjaga kebersihan di sekolah dan di kelas, berpenampilan rapi, dan tidak membuat kegaduhan di sekolah Kata Kunci: Pendidikan Religius, Karakter Disiplin, MTs YASPIA Ngroto
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 03 Dec 2018 02:33 |
Last Modified: | 03 Dec 2018 02:33 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1357 |
Actions (login required)
View Item |