Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN APIK BAROKAH KALIKONDANG DEMAK DALAM PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL TAHUN 2003

MUHAMMAD, ALI IMRON (2018) PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN APIK BAROKAH KALIKONDANG DEMAK DALAM PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL TAHUN 2003. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. BAB I.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] Text
03. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)
[img] Text
04. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text
05. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB)
[img]
Preview
Text
06. BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rendahnya mutu pendidikan diikuti dengan dekadensi moral semakin merajalela di negeri ini, di kalangan masyarakat, pemuda, bahkan termasuk para peserta didik. Beberapa tindakan negatif sudah menjadi hal yang biasa, seperti pembunuhan, pelecehan seksual, narkoba, tawuran antar pelajar dan masih banyak lainnya. Dari fenomena tersebut pendidikan di Indonesia membutuhkan peran madrasah dan pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam yang memberi pengajaran agama Islam, tujuannya tidak semata-mata memperkaya pikiran santri dengan teks-teks dan penjelasan-penjelasan yang Islami, tetapi untuk meninggikan moral, melatih dan mempertinggi semangat, menghargai nilai-nilai spiritual dan kemanusiaan, mengajarkan sikap tingkah laku yang jujur dan bermoral, dan menyiapkan santri untuk hidup sederhana dan bersih hati. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan sebagai berikut: 1) Bagaimana konsep pendidikan karakter di Pondok Pesantren Apik Barokah Kalikondang Demak?. 2) Bagaimana konsep pendidikan karakter dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional tahun 2003?. 3) Bagaimana pendidikan karakter di pondok pesantren Apik Barokah Kalikondang Demak dalam perspektif Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional tahun 2003? Jenis penelitian lapangan ini berbentuk kualitatif, sumber data primer adalah dokumen hasil wawancara dengan kyai dan sumber dokumen Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional tahun 2003, wawancara dengan pengurus dan santri. Data sekunder dari buku, literatur, jurnal dan artikel tentang pendidikan karakter dan pondok pesantren dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, data yang telah di dapat kemudian dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Kesimpulan dari penelitian adalah 1) Konsep pendidikan karakter di Pondok Pesantren Apik Barokah Kalikondang Demak mengarah pada terciptanya akhlakul karimah melalui pembelajaran kitab kuning dan kebiasaan-kebiasaan keseharian yang dilakukan oleh santri baik berupa shalat berjamah, membaca al-Qur‟an, dzikir dan doa bersama, membiasakan memanggil kang, mematuhi tata tertib, menjaga kebersihan, gotong royong masak bersama dan memberikan keteladanan kepada santri tentang perilaku yang baik dalam keseharian yang dilakukan pengasuh, dewan asatid dan pengurus pondok sehingga dapat diimplementasikan oleh santri dalam kehidupan sehari-hari. 2) Konsep pendidikan karakter dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional tahun 2003 mengarah pada berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. 3) Pendidikan karakter di pondok pesantren Apik Barokah Kalikondang Demak dalam perspektif Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional tahun 2003 terletak pada pembentukan perilaku yang berakhlakul karimah melalui kebiasaan yang sudah mengkarakter pada diri peserta didik yaitu karakter akhlakul karimah, baik dalam kebiasaan sehari-hari di pesantren maupun di rumah baik dalam hal ibadah maupun sosial. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Perspektif , Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 01 Dec 2018 02:01
Last Modified: 01 Dec 2018 02:01
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1356

Actions (login required)

View Item View Item