Wahid Hasyim University | Digital Repository

PERBANDINGAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER SD KEBON DALEM 2 DAN SDI TUNAS HARAPAN SEMARANG

SITI, AROPAHAR (2018) PERBANDINGAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER SD KEBON DALEM 2 DAN SDI TUNAS HARAPAN SEMARANG. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img]
Preview
Text
COVER LENGKAP.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (BARU) AROPAH.pdf

Download (527kB) | Preview
[img] Text
BAB II (BARU) AROPAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB)
[img] Text
BAB III (BARU) AROPAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB)
[img] Text
BAB IV (BARU) AROPAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img]
Preview
Text
BAB V (BARU) AROPAH.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN AROPAH (1)(1).pdf

Download (977kB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter sejatinya telah berlangsung di sekolah-sekolah di Indonesia, tanpa membedakan latarbelakang keagamaan. Baik sekolah Muslim atau non-Muslim, negeri atau swasta tetap saja menyelenggarakan pendidikan karakter itu. Termasuk SD Kebondalem 2 Semarang dan SD Islam Tunas Harapan Semarang, tidak lepas dari pelaksanaan model pendidikan yang didukung Kurikulum 2013 (KL-13) sehingga menarik untuk diteliti dengan rumusan: (1) apa dasar pemikiran pendidikan karakter di SD Kebon Dalem 2 dan SD Islam Tunas Harapan Kota Semarang ? (2) Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter di SD Kebon Dalem 2 dan SD Islam Tunas Harapan Kota Semarang ? (3) Bagaimana kendala pelaksanaan pendidikan karakter di SD Kebon Dalem 2 dan SD Islam Tunas Harapan Kota Semarang ? dan (4) Bagaimana strategi optimalisasi pelaksanaan pendidikan karakter di SD Kebon Dalem 2 dan SD Islam Tunas Harapan Kota Semarang ? Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang dilakukan dengan menggunakan kualitatif. Dalam praktiknya, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data seperti dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif, dari lapangan yang sebelumnya diolah terlebih dahulu. Penelitian ini menunjukkan hasil antara lain: (1) dasar pemikiran pelaksanaan pendidikan karakter di SD Kebon Dalem 2 dan SD Islam Tunas Harapan Kota Semarang yakni dasar yuridis, Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Permen Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan serta kebijakan Kurikulum 2013 dan pemikiran masing-masing lembaga yang disesuaikan dengan visi sekolah. (2) Pelaksanaan pendidikan karakter di SD Kebon Dalem 2 dan SD Islam Tunas Harapan Kota Semarang yaitu melalui pembelajaran formal dan pembelajaran non-formal (ekstrakurikuler, kegiatan pembiasaan., dll). (3) Kendala pelaksanaan pendidikan karakter di SD Kebon Dalem 2 dan SD Islam Tunas Harapan Kota Semarang yang dapat diungkap seperti aspek minimnya dukungan orangtua dan masyarakat dan gejala modernisasi teknologi/ IT. (4) Strategi optimalisasi pelaksanaan pendidikan karakter di SD Kebon Dalem 2 dan SD Islam Tunas Harapan Kota Semarang yang dapat disimpulkan sebagai berikut: Upaya internalisasi nilai karakter dalam kehidupan di lingkungan sekolah. Langkah ini ditempuh secara lebih optimal baik viii dalam kegiatan pembelajaran formal maupun non-formal, sekaligus membangun kemitraan dengan stakeholder (yayasan, orangtua siswa, komite sekolah, serta masyarakat dalam hal kepengawasan pendidikan dan kepribadian anak).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 23 Aug 2018 07:16
Last Modified: 23 Aug 2018 07:16
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1294

Actions (login required)

View Item View Item