Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN HADITS SISWA MADRASAH IBTIDAIYYAH KELAS V DI KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

ISTIYADI, ISTIYADI (2018) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN HADITS SISWA MADRASAH IBTIDAIYYAH KELAS V DI KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (476kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Adakah pengaruh kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas V di MI Kecamatan Gubug Tahun Pelajaran 2017/2018, 2) Adakah pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas V di MI Kecamatan Gubug Tahun Pelajaran 2017/2018, 3) Adakah pengaruh kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru secara simultan terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas V di MI Kecamatan Gubug 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantiatif adalah menganalisa hasil kesimpulan berdasarkan kuesioner yang disimpulkan berdasarkan angka statistik. Metode penggalian data melalui angket/kuesioner yang diisi oleh sejumlah responden,. Adapun analisis data statistik menggunakan menggunakan software SPSS 16. Secara parsial pengaruh kompetensi profesional terhadap prestasi belajar siswa hasil uji t untuk variabel kompetensi profesional (X1) diperoleh hasil t hitung sebesar 3.157 dengan probabilitas sebesar 0,001. Nilai probabilitas lebih kecil dari 0,05 (0,001 < 0,05) maka dengan demikian Ha diterima. Jadi dapat dikatakan bahwa ada pengaruh kompetensi profesional guru Al-Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas V di MI Se-Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan dan besar pengaruhnya 3,76%. Secara parsial pengaruh kompetensi profesional terhadap prestasi belajar siswa hasil uji t untuk variabel kompetensi pedagogik (X2) diperoleh hasil t hitung sebesar 3.157 dengan probabilitas sebesar 0,002. Nilai probabilitas lebih kecil dari 0,05 (0,002 < 0,05) maka dengan demikian Ha diterima. Jadi dapat dikatakan bahwa ada pengaruh kompetensi pedagogik guru Al-Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas V di MI Se-Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan dan besar pengaruhnya 2,75%. Secara simultan pengaruh antara kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa diperoleh F hitung 3,157 dengan nilai probabilitas sebesar 0,001, karena nilai probabilitas lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan menerima Ha. Jadi dapat dikatakan bahwa ada pengaruh positif antara kompetensi profesional (X1), dan kompetensi pedagogik (X2), secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa MI se-Kecamatan Gubug dan besar pengaruhnya 11,9%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 23 Aug 2018 04:03
Last Modified: 23 Aug 2018 04:03
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1291

Actions (login required)

View Item View Item