Wahid Hasyim University | Digital Repository

PROBLEMATIKA AKHLAK PESERTA DIDIK SMP NU 02 AL HIDAYAH KENDAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Nur, Rokhman (2018) PROBLEMATIKA AKHLAK PESERTA DIDIK SMP NU 02 AL HIDAYAH KENDAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
File 1 COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 2 BAB I.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text
File 3 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text
File 4 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
File 5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img]
Preview
Text
File 6 BAB V.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 8 LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kondisi peserta didik SMP NU 02 Al Hidayah Kendal mayoritas berlatar belakang ekonomi menengah ke bawah dan dari golongan keluarga berpendidikan rendah. Berangkat dari sinilah problematika akhlak peserta didik muncul, hal ini diperparah dengan adanya kemajuan teknologi, globalisasi, faktor lingkungan dan faktor teman bermain. Fokus dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) problematika akhlak yang muncul di SMP NU 02 Al Hidayah Kendal, (2) upaya yang dilakukan oleh guru untuk menyelesaikan problematika akhlak peserta didik di SMP NU 02 Al Hidayah Kendal, (3) faktor pendukung dan penghambat upaya penyelesaian problematika akhlak peserta didik SMP NU 02 Al Hidayah Kendal. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui problematika akhlak peserta didik yang muncul di SMP NU 02 Al Hidayah Kendal, (2) untuk memberikan upaya penyelesaian problematika akhlak peserta didik yang dilakukan oleh guru SMP NU 02 Al Hidayah Kendal, dan (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat upaya penyelesaian problematika akhlak peserta didik SMP NU 02 Al Hidayah Kendal. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif lapangan dengan pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Sumber data yang diperoleh ada dua; (1) sumber primer: kepala sekolah dan guru PAI SMP NU 02 Al Hidayah Kendal, siswa SMP NU 02 Al Hidayah Kendal; (2) sumber sekunder: arsip sekolah, absen kelas. Kesimpulan penelitian menunjukkan: (1) problematika akhlak peserta didik yang muncul ialah kurangnya rasa sopan santun, kurangnya rasa menghargai sesama teman, kurangnya kedisiplinan, pemalas dan kurang rasa hormat kepada guru (2) upaya yang dilakukan oleh guru dengan pembinaan agama, pemberian nasehat, kerjasama antara pendidik dan tenaga kependidikan, penerapan literasi sekolah, (3) faktor pendukung dan penghambat upaya penyelesaian problematika akhlak peserta didik adalah pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, serta warga sekolah, waktu pembelajaran yang terlalu singkat, menyalah gunakan media elektronik seperti internet, siswa lebih suka membaca buku novel di bandingkan dengan buku mata pelajaran PAI, dan adanya pengaruh lingkungan yang menjadi penghambat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 20 Aug 2018 07:19
Last Modified: 20 Aug 2018 07:19
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1261

Actions (login required)

View Item View Item