NUR, LAILATUS SA’ADAH (2018) STUDI ANALISIS PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AL-QURAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACAAN AL-QURAN SANTRI PONDOK PESANTREN PUTRI ARIS SARIBARU KALIWUNGU KENDAL. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (462kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (746kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (501kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Al-Quran merupakan firman Allah SWT untuk dibaca, dipahami, dan diamalkan sebagai petunjuk atau pedoman hidup bagi umat manusia. Maka dari itu, sebagai umat Islam diharuskan dapat membaca Al-Quran dengan baik dan benar. Dalam penelitian ini membahas tentang problematika pembelajaran AlQuran di Pondok Pesantren Putri ARIS Saribaru Kaliwungu Kendal. Bukan suatu hal yang sangat mudah untuk menyelenggarakan sebuah rutinitas pelaksanaan kegiatan pembelajaran Al-Quran. Keberhasilan suatu program, baik itu sebuah pembelajaran tidak terlepas dari problematika atau masalah yang membutuhkan solusi agar program tersebut bisa berjalan dengan baik. Fokus dalam penelitian ini adalah mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran Al-Quran dan problematika yang dihadapi serta solusi yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara mendalam tentang pelaksanaan pembelajaran Al-Quran dan untuk mengetahui problematika atau masalah yang dihadapi serta solusi apa yang dilakukan untuk mengatasi problematika yang terjadi dalam proses pembelajaran Al-Quran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan yang menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian di analisis dengan teknik analisis deskriptif-induktif. Data penelitian yang terkumpul berupa fakta-fakta khusus di lapangan, kemudian di deskripsikan secara mendetail, selanjutnya ditarik menjadi kesimpulan umum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran Al-Quran di Pondok Pesantren Putri ARIS Saribaru Kaliwungu Kendal menggunakan sistem CBSA dan privat, menggunakan metode pembelajaran pembiasaan, sorogan dan latihan. Dan problem pelaksanaan pembelajaran AlQuran yaitu problem motivasi, problem guru ngaji, problem sie.pendidikan, problem waktu, dan problem santri. Setiap problem ada solusi tersendiri yang dilakukan. Problem motivasi, solusinya memberikan rangsangan motivasi atau dorongan. Problem guru ngaji, solusinya membantu mengarahkan dan memasukkan ke program takhsis. Problem sie.pendidikan, solusinya mendata guru badalan. Problem waktu, solusinya menambah guru ngaji, problem santri, solusinya berusaha menghafal dengan baik dan sering tadarus Al-Quran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 20 Aug 2018 07:17 |
Last Modified: | 20 Aug 2018 07:17 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1260 |
Actions (login required)
View Item |