Wahid Hasyim University | Digital Repository

STUDI TENTANG IMPLEMENTASI PEMBIASAAN SHALAT FARDLU BERJAMAAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMA NU 05 KECAMATAN BRANGSONG KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2017-2018

MUHAIMIN, ANWAR (2018) STUDI TENTANG IMPLEMENTASI PEMBIASAAN SHALAT FARDLU BERJAMAAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMA NU 05 KECAMATAN BRANGSONG KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2017-2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui pelaksanaan pembiasaan pembelajaran Shalat Fardlu Berjamaah di SMA NU 05 Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal, (2) Mengetahui karakter religious siswa, dan (3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembiasaan pembelajaran Shalat di SMA NU 05 Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang mendeskripsikan gejala, peristiwa, serta kejadian yang terjadi berupa pelaksanaan pembiasaan pembelajaran Shalat di SMA NU 05 Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal. Data-data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis non-statistik dengan metode deskriptif kualitatif dengan cara menganalisis isi hasil penelitian serta menggunakan pola berfikir induktif. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembiasaan pembelajaran Shalat di SMA NU 05 Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal sudah dilaksanakan dengan cukup baik. Hal ini terbukti dengan, guru membuat perencanaan pembelajaran. Kemudian metode yang digunakan untuk aspek kognitif sudah cukup bervariasi yaitu metode ceramah, praktek, demonstrasi dan metode tugas dan resitasi. Pendekatan yang digunakan cukup bervariasi yaitu pendekatan pengalaman, pendekatan pembiasaan, pendekatan emosional, pendekatan rasional dan pendekatan fungsional tujuannya adalah untuk merespon berbagai macam karakteristik siswa yang ada, sehingga proses pembelajaran Shalat Berjamaah mudah dikendalikan dan memudahkan pendidik dalam mencapai ranah afektif dan psikomotorik. Sedangkan faktor pendukung dalam pembiasaan pembelajaran Shalat Fardlu Berjamaah adalah ketersediaan yang cukup yaitu fasilitas tempat ibadah berupa masjid sebagai praktek ibadah salat, dan guru PAI yang berwawasan luas tentang pendidikan agama kemudian faktor penghambatnya adalah perbedaan karakteristik siswa, talar belakang keluarga yang kurang perhatian terhadap pendidikan keagamaan di rumah. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan dan informasi masukan bagi mahasiswa, tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak akademisi khususnya di lingkungan SMA NU 05 Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal dan di Universitas Wahid Hasyim Semarang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 20 Aug 2018 06:28
Last Modified: 20 Aug 2018 06:28
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1251

Actions (login required)

View Item View Item