M. Syarif, Misbakhul Munir (2018) POLA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MUTU PESERTA DIDIK (STUDI KASUS SMP NU 06 KEDUNGSUREN KALIWUNGU SELATAN KABUPATEN KENDAL). Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
1-COVER.pdf Download (897kB) | Preview |
|
|
Text
2-BAB I.pdf Download (283kB) | Preview |
|
Text
3-BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) |
||
Text
4-BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
||
Text
5-BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) |
||
|
Text
6-BAB V.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
7-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
8-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pola kepemimpinan kepala sekolah; (2) Implikasi pola kepemimpinan kepala sekolah terhadap mutu peserta didik di lembaga pendidikan SMP NU 06 Kedungsuren Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode dokumentasi, wawancara, dan observasi. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1). Pola kepemimpinan merupakan langkah awal yang harus ditetapkan seorang pemimpin pendidikan termasuk kepala sekolah dalam menjalankan roda kepemimpinan. Karena kemajuan atau keberhasilan sebuah lembaga pendidikan Islam sangat dipengaruhi oleh hal ini. Ahmad Supari,S. Pd., M.Pd, selaku kepala sekolah di SMP NU 06 Kedungsuren Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal menerapkan pola kepemimpinan kombinasi dan bersifat fleksibel yakni perpaduan demokratis dan sesekali otoriter serta pola kepemimpinan efektif yang berprinsip pada nilai-nilai islami. 2) Implikasi dari penerapan pola kepemimpinan kepala sekolah SMP NU 06 Kedungsuren Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal ini ternyata berimplikasi positif terhadap mutu peserta didik, baik dilihat dari aspek akademik yang telah dicapai oleh peserta didik dalam ujian nasional dapat dikategorikan baik. Sedangkan untuk non akademik ditunjukkan dengan sederet prestasi yang diperoleh cukup membanggakan dalam bidang seni, ketrampilan , olahraga, dan pengembangan bakat dan minat maupun potensi lainnya. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan pola kepemimpinan kepala sekolah di SMP NU 06 Kedungsuren Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal, dapat menjadi panutan bagi para pengelola lembaga pendidikan, baik formal maupun non formal terutama dalam peningkatan mutu peserta didik. Sehingga dapat menghasilkan tujuan yang ingin di capai semaksimal mungkin sesuai dengan idealisasi dalam pendidikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 20 Aug 2018 05:59 |
Last Modified: | 20 Aug 2018 05:59 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1247 |
Actions (login required)
View Item |