Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI HUKUM BACAAN QALQALAH DAN RA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN EVERY ONE IS A TEACHER HERE DI KELAS VIII SMP AL ISHLAH TEMBALANG SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

LATIFUL, BAHRI ARIF (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI HUKUM BACAAN QALQALAH DAN RA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN EVERY ONE IS A TEACHER HERE DI KELAS VIII SMP AL ISHLAH TEMBALANG SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (452kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Guru yang kaya dengan strategi, metode dan model pendidikan tentunya akan menarik perhatian peserta didik, sehingga motivasi peserta didik dapat tumbuh dengan sendirinya. Di sisi lain seorang guru yang miskin dengan trategi, metode dan model pendidikan tentunya akan membuat jenuh peserta didik dalam belajar dan motivasi peserta didik tidak dapat terbangun dengan sendirinya dan akan mengakibatkan prestasi peserta didik juga menurun. Berdasarkan obsevasi di lapangan yaitu di kelas VIII SMP Al Ishlah Tembalang Semarang, penulis menemukan ada banyak peserta didik yang mendapatkan nilai di bawah KKM (75) pada materi Hukum Bacaan Qalqalah dan Ra mata pelajaran PAI, dari jumlah peserta didik 46, hanya ada 15 (32,61%) pserta didik yang mendapatkan nilai pengetahuan PAI menecapai KKM, sedangkan yang 31 (67,39%) peserta didik mendapatkan nilai di bawah KKM. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Al Islah Tembalang Semarang pada mapel PAI materi hukum bacaan Qalqalah dan Ra dengan menggunakan metode every one is a teacher here Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari beberapa siklus yaitu pra siklus, siklus I, dan siklus II. Teknik analisis data menggunakan teknik observasi, kualikatif dan teknik kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran every one is teacher here dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Al Islah Tembalang Semarang pada mata pelajaran PAI materi pokok Hukum Bacaan Qalqalah dan Ra tahun pelajaran 2016/2017, dengan bukti adanya peningkatan di setiap siklusnya dari prasiklus, siklus I sampai siklus II, hasil belajar nilai tertinggi siswa pada prasiklus 85, pada siklus I menjadi 95 dan pada siklus II sudah mencapai 100, Hasil belajar nilai terendah siswa pada prasiklus 30, pada siklus I menjadi 35 dan pada siklus II mencapai 55, Hasil belajar nilai rata-rata kelas pada prasiklus 61.41, pada siklus I menjadi 71.41 dan pada siklus II sudah mencapai 81.85, Hasil belajar ketuntasan siswa pada prasiklus ada 15 siswa (32,61%), pada siklus I menjadi 29 (63,04%) dan pada siklus II sudah mencapai 43 (93,48%) dari jumlah siswa 46, sedangkan hasil belajar ketidak tuntasan siswa menurun yaitu pada prasiklus 31 (67,39), pada siklus I menjadi 17 (36,96) dan pada siklus II hanya ada 3 (6,52%) dari jumlah siswa 46.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 20 Aug 2018 04:57
Last Modified: 20 Aug 2018 04:57
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1241

Actions (login required)

View Item View Item