Wahid Hasyim University | Digital Repository

PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS V DI SOMBON SAT ISLAM PATTANI THAILAND

Jehbalseeroh, Jehbalseeroh (2018) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS V DI SOMBON SAT ISLAM PATTANI THAILAND. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (590kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan agama Islam adalah usaha sadar untuk menyiapkan siswa dalam meyakini, memahami,menghayati dan mengamalkan agama islam melalui kegiatan bimbingan,pengarahan atau latihan dengan memarhatikan tuntutan untuk menghormati agama lain dalam hubungan kerukunan antar umat beragama dalam masyarakat untuk mewujudkan kesatuan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca al qur‟an di sekolah sombon sat islam Patani Thailand. (2) Untuk mengetahui kemampuan membaca al-qur‟an siswa di sekolah sombin sat islam Patani Thailand. Penulis ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang didukung pengumpulan data melalui wawancara observasi, dan studi dokumentasi. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah: Kepala Sekolah, dan Guru mata pelajaran. Dan dikategorisasikan berdasarkan aspek dimenasi masalah selanjutnya di analisis serta di interpretasikan secara deskriptif. Hasil penulis ini adalah bahwa (a) peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca al-qur‟an yaitu guru berperan sebagai: evaluator,informatory, motivator, pembimbing, menfasilitas dan peran guru pendidikan agama Islam dan berusaha menyesiapkan untuk kenilai-nilain keislaman, (b) Faktor-faktor pendukun adalah: adanya orang tua dalam pendidikan anak,kesadaran para siswa kebersamaan dalam diri masingmasing guru dalam meningkatkan kemampuan membaca al-qur‟an. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat antara lain: minimnya waktu mengajar, lingkungan masyarakat yang kurang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 20 Aug 2018 04:24
Last Modified: 20 Aug 2018 04:24
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1238

Actions (login required)

View Item View Item