Bakhri, Muhammad (2018) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP N 1 CEPIRING TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (282kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (502kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penilaian Autentik merupakan standar penilaian yang ditetapkan pada kurikulum 2013. Penilaian ini bukan hanya ditekankan pada hasil yang diperoleh peserta didik, melainkan ditekankan pada proses pembelajaran yang dilakukan. Pada penilaian autentik ini mencakup pada tiga ranah, yaitu Kognitif/pengetahuan, Afektif/sikap, dan Psikomotorik/keterampilan. Maka dalam penulisan skripsi ini peneliti mempunyai tujuan dilakukannya penelitian ini, diantaranya adalah untuk mengetahui implementasi penilaian autentik pada kurikulum 2013 dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, serta faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi penilaian autentik pada kurikulum 2013 dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Cepiring Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian yang peneliti lakukan adalah termasuk dalam penelitian kualitatif. Dengan metode pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis, pengamatan ketempat lokasi secara langsung sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat teknik, pengumpulan data dan analisis secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya, disini peneliti sertakan dokumentasi yang lengkap dan penguat data penelitian. Hasil penelitiannya yaitu penilaian autentik merupakan penilaian yang asli dan apa adanya, penilaian tersebut meliputi penilaian kognitif, penilaian psikomotorik, dan penilaian afektif. Pelaksanaan Penilaiannya mulai dari awal pembelajaran, proses pembelajaran, sampai dengan akhir pembelajaran. Dalam penerapannya, penilaian autentik mengacu pada RPP. dalam pelaksanaan penilaian autentik yang sesuai dengan kurikulum 2013 guru tidak jarang menemui faktor penghambat. Faktor penghambat tersebut antara lain guru adalah harus menilai seluruh peserta didik satu persatu secara detail yang ada dalam beberapa kelas, Kendala selanjutnya terdapat pada waktu. Selain faktor penghambat, tentu ada faktor yang mendukung dalam implentasi penilaian autentik tersebut. Ada beberapa faktor pendukung dalam dalam pelaksanaan penilaian autentik, diantaranya guru yang berkompeten, Diklat tentang kurikulum 2013 bagi guru, v fasilitas yang memadai dari sekolah, pengadaan pelatihan bagi guru tentang implementasi kurikulum 2013, dan Bimbingan Teknis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 20 Aug 2018 01:39 |
Last Modified: | 20 Aug 2018 01:39 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1223 |
Actions (login required)
View Item |