Arinil, Hasanah (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESA MENGGUNAKAN MEDIA FILM PADA SISWA KELAS V MI AL HADI 3 GIRIKUSUMA DEMAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
cover.pdf Download (14MB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (14MB) | Preview |
|
Text
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (14MB) |
||
Text
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (14MB) |
||
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (14MB) |
||
|
Text
bab 5.pdf Download (14MB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (14MB) | Preview |
|
|
Text
lampiran.pdf Download (14MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi menggunakan media film mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V MI Al Hadi Girkusuma Demak dan sejauh mana penerapan media film dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V MI Al Hadi 3 Girikusuma Demak. Keterampilan menulis merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa yang paling sulit dikuasai. Adapun karangan narasi adalah karangan yang menceritakan suatu peristiwa atau beberapa peristiwa yang sasaran utamanya adalah tindak-tanduk yang dijalin dan dirangkaikan sedemikian rupa, sehingga seolah-olah pembaca dapat melihat dan mengalaminya menurut urutan waktu karangan yang berbentuk cerita. Kemampuan siswa kelas V MI Al Hadi 3 Girikusuma sangat kurang, sehingga harus ditingkatkan. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas V MI Al Hadi 3 Girikusuma Demak dengan jumlah siswa sebanyak 32 peserta didik. Desain penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan observasi, tes tertulis pada akhir penerapan siklus, dan melihat dokumentasi nilai menulis karangan narasi mata pelajaran Bahasa Indonesia sebelum penerapan media film, dan nilai rata-rata tes tertulis akhir pembelajaran tiap-tiap siklus dengan penerapan media film dianalisis menggunakan kualitatif deskriptif. Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan setiap siklusnya. Nilai rata-rata tes tertulis dari siklus I sampai siklus II juga mengalami peningkatan dibandingkan sebelum penerapan media film. Nilai rata-rata tes tertulis sebelum penerapan media film sebesar 58,13, nilai rata-rata siklus I sebesar 75,81 dan nilai rata-rata siklus II sebesar 84,8. Selanjutnya prosentase ketuntasan belajarnya juga mengalami peningkatan yaitu pra siklus 28,1%, siklus I 75%, dan pada siklus II 93,75%. Sedangkan anak yang mendapat nilai telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 75 juga mengalami peningkatan yaitu pra siklus ada 9 siswa, pada siklus I 24 siswa dan pada siklus II ada 30 siswa. Berdasarkan analisis diperoleh kesimpulan bahwa ada peningkatan yang signifikan antara sebelum dan sesudah penerapan media film dalam pembelajaran menulis karangan narasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jadi hipotesis yang penulis ajukan terbukti kebenarannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 15 Aug 2018 06:56 |
Last Modified: | 15 Aug 2018 06:56 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/1196 |
Actions (login required)
View Item |