AGUS MUNTAFI, AGUS MUNTAFI (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN KEADAAN SOSIAL NEGARA-NEGARA TETANGGA MELALUI PENDEKATAN PARTISIPATORIS PADA SISWA KELAS VI SEMESTER I DI MI DARUL MUBTADIIN PUTAT KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
|
Text
COVER.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I .pdf Download (240kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) |
||
|
Text
BAB V .pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN 1.pdf Download (239kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1). Meningkatkan kemampuan belajar IPS tentang Kenampakan alam dan keadaan sosial Negara-negara tetangga melalui pendekatan partisipatoris pada siswa kelas VI semester I MI Darul Mubtadiin Tahun Pelajaran 2015/2016. 2). Pendekatan partisipatoris dapat meningkatkan kemampuan belajar IPS tentang Kenampakan alam dan keadaan sosial Negara-negara tetangga, pada siswa kelas VI semester I MI Darul Mubtadiin Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan di MI Darul Mubtadiin Putat Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan pada bulan Nopember sampai Desember 2015. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI. Rancangan penelitian melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan dengan observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Berdasarkan tindakan kelas putaran I dari hasil belajar siswa yang diukur dengan tes formatif baru 10 siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan belajar yang telah ditentukan guru yaitu 60. Untuk Kompetensi Dasar ”Mendiskripsikan Kenampakan Alam dan Keadaan Sosial Negara-negara tetangga” dengan penggunaan metode quetioning, hasilnya belajar siswa belum maksimal (2) Berdasarkan tindakan kelas putaran kedua dengan menghadirkan model dalam proses pembelajaran, hasil belajar 16 siswa dinyatakan tuntas belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para siswa dan memberikan dorongan kepada siswa agar senantiasa meningkatkan prestasinya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 22 Mar 2018 07:10 |
Last Modified: | 22 Mar 2018 07:10 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/845 |
Actions (login required)
View Item |