Wahid Hasyim University | Digital Repository

IMPLEMENTASI PENANAMAN TRADISI KEILMUAN ISLAMI PADA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH AL-FATTAH DESA TAMBAKROTO SAYUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2015-2016

MUHAMAD ANSORI, MUHAMAD ANSORI (2017) IMPLEMENTASI PENANAMAN TRADISI KEILMUAN ISLAMI PADA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH AL-FATTAH DESA TAMBAKROTO SAYUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2015-2016. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (373kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek Keilmuan Islami yang ditanamkan pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Al-Fattah Desa Tambakroto Sayung Demak Tahun Pelajaran 2015-2016 dan mengetahui upaya penanaman tradisi keilmuan yang Islami terhadap anak Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Al-Fattah Desa Tambakroto Sayung Demak Tahun Pelajaran 2015-2016. Sumber data pada penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, dan guru Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Al-Fattah Desa Tambakroto Sayung Demak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang meliputi pola berpikir Induktif dan pola berpikir deduktif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Aspek keilmuan Islami yang ditanamkan pada siswa kelas X Tahun Pelajaran 2015-2016 Madrasah Aliyah AlFattah Desa Tambakroto meliputi beberapa aspek di antaranya, aspek keimanan dan budi pekerti seperti pada Mapel Aqidah Akhlak, aspek pendidikan ibadah dan muamalah pada Mapel Fikih, aspek pendidikan sejarah pada Mapel SKI, serta aspek pengetahuan dasar islam pada Mapel Qur’an Hadits. 2) Karena sudah berwujud lembaga pendidikan formal, aktifitas belajar mengajar di madrasah ini berjalan sesuai dengan jadwal yg telah dibuat. Begitu juga pada mapel PAI baik mapel yang ditentukan oleh Kementerian Agama maupun Muatan Lokal atau Mulok. Pendekatan dan metode yang digunakan dalam menanamkan tradisi Keilmuan Islami pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Al-Fattah adalah pembiasaan dan pengulangan sebagai pendekatan dan metode yang paling utama disamping ceramah, bercerita, tanya jawab, dan praktek terutama pada mata pelajaran Fikih. 3) Faktor pendukung dalam menanamkan tradisi Keilmuan Islami pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Al-Fattah antara lain adanya guru-guru berijasah Pendidikan Agama Islam, materi yang berbahasa indonesia sehingga relatif mudah mereka pelajari, dan materinya yang relatif lebih familiar atau akrab ditelinga siswa. Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya antara lain keberadaan guru sebagai pendidik yang tidak bisa fulltime mendampingi siswa, iklim pergaulan negatif muda-mudi, adanya beberapa siswa yang belum bisa baca tulis Al-Qur’an, dan cenderung menganggap mudah atau meremehkan materi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 18 May 2017 07:08
Last Modified: 18 May 2017 07:08
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/711

Actions (login required)

View Item View Item