Nur Mutaqin, Nur (2016) PERBANDINGAN ANTARA LATIHAN PASSING ATAS BERPASANGAN DAN LATIHAN PASSING ATAS KE DINDING TERHADAP HASIL KETERAMPILAN PASSING ATAS PADA OLAHRAGA BOLA VOLI PUTERI EKSTRA KURIKULER DI MTs YPI KLAMBU TAHUN 2015. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.
Text
COVER.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
Abstract
Nur Mutaqin. 2016. “Perbandingan Antara Latihan Passing Atas Berpasangan dan Latihan Passing Atas ke Dinding Terhadap Hasil Keterampilan Passing Atas pada Olahraga Bola Voli Puteri Ekstra Kurikuler MTs YPI Klambu” Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Wahid Hasyim Semarang. Nowo Tri Purnomo, M.Pd., Lusiana, M.Pd. Kata kunci : Passing Atas Berpasangan, Passing Atas ke Dinding, Keterampilan Passing Atas. Masalah dalam penelitian ini adalah: kurangnya keterampilan passing atas bola voli puteri ektra kurikuler MTs YPI Klambu. Rumusan masalah: 1) Apakah ada perbandingan antara pengaruh latihan passing atas berpasangan dan latihan passing atas ke dinding terhadap hasil keterampilan passing atas bola voli puteri? 2) Berapakah besar hasil peningkatan latihan passing atas berpasangan dan latihan passing atas ke dinding terhadap hasil keterampilan passing atas? 3) Manakah yang lebih baik pengaruhnya antara passing atas berpasangan dan latihan passing atas ke dinding terhadap keterampilan passing atas?, hal ini menimbulkan niat penulis untuk melakukan penelitian yang berkaitan tentang metode latihan yang tepat untuk melatih passing atas bola voli. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pre-post test design, populasi yang digunakan adalah siswi ekstra kurikuler bola voli MTs YPI Klambu yang berjumlah 24 orang, sampel yang digunakan adalah semua dari jumlah populasi dengan menggunakan total sampling. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari varibel bebas yaitu latihan passing atas berpasangan dan latihan passing atas ke dinding, sedangkan varibel terikatnya yaitu keterampilan passing atas bola voli. Berdasarkan hasil analisis uji statistik menggunakan t-tes dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 11. Hasil analisis, ada perbandingan yang signifikan dari latihan passing atas berpasangan dan latihan passing atas ke dinding terhadap keterampilan passing atas pada bola voli (t-hitung passing atas berpasangan adalah 16.95 % > t- hitung passing atas ke dinding adalah 12.21 %), sedangkan metode latihan yang lebih memberikan pengaruh terhadap keterampilan passing atas adalah latihan passing atas berpasangan sesuai dengan uji t-tes. Simpulan hasil penelitian ini adalah ada perbandingan yang signifikan antara latihan passing atas berpasangan dan latihan passing atas ke dinding terhadap keterampilan passing atas bola voli, dan latihan passing atas berpasangan lebih baik dibandingkan latihan passing atas ke dinding. Saran yang dapat diberikan adalah: 1) Atlet harus selalu meningkatkan latihan agar lebih berprestasi. 2) Atlet harus memperhatikan kondisi fisik dan ritme latihan agar mampu meningkatkan hasil latihan. 3) Sebagai seorang guru atau pelatih harus menemukan dan menentukan metode latihan lain yang lebih variatif agar latihan menjadi lebih meningkatkan prestasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 07 Dec 2016 02:33 |
Last Modified: | 07 Dec 2016 02:33 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/688 |
Actions (login required)
View Item |