Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEKNIK TENDANGAN VOLI DALAM SEPAKBOLA MELALUI PERMAINAN KASVOL PADA SISWA KELAS V SDN TAWANG MAS 01 KOTA SEMARANG 2016

Eri Trianto, Trianto (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEKNIK TENDANGAN VOLI DALAM SEPAKBOLA MELALUI PERMAINAN KASVOL PADA SISWA KELAS V SDN TAWANG MAS 01 KOTA SEMARANG 2016. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bersumber dari hasil observasi dan pengamatan adalah kurang maksimalnya hasil pembelajaran penjasorkes.Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menendang dalam pembelajaran sepakbola yang sesuai dengaan perkembangan gerak siswa kelas V SDN Tawang Mas 01 Semarang. Masalah pada penelitian ini adalah terbatasnya pengetahuan siswa terhadap teknik dasar dalam bermain sepakbola. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Objek penelitian melalui pendekatan bermain ini adalah Siswa Kelas V SDN Tawang Mas 01 Semarang yang berjumlah 37 siswa. Pertemuan dalam penelitian ini menggunakan dua siklus. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data diperoleh dari hasil tes unjuk kerja yang ditampilkan siswa pada saat pelaksanaan tes. Dari hasil penelitian yang dilakukan, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari kondisi awal ke siklus I dan siklus II, baik dari peningkatan nilai rata -rata pembelajaran Kasvol maupun nilai ketuntasan hasil belajar. Pada siklus I diperoleh persentase sebesar 90 % sebanyak 18 siswa dari 20 siswa yang dinyatakan lulus ( diatas KKM ). Pada siklus II diperoleh persentase sebesar 97 % sebanyak 36 siswa dari 37 siswa yang dinyatakan lulus ( diatas KKM ). Kesimpulan peneliti ini adalah dengan pendekatan bermain melalui permainan kasvol dapat meningkatkan hasil belajar sepakbola pada siswa kelas V SDN Tawang Mas 01 Semarang. Saran penelitian ini pembelajaran dengan metode yang lebih bervariatif dapat digunakan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 03 Oct 2016 02:42
Last Modified: 03 Oct 2016 02:42
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/442

Actions (login required)

View Item View Item