MAY, MUFLIHAH AR ROZI (2016) REVITALISASI PEMIKIRAN PENDIDIKAN BUDI PEKERTI KI HADJAR DEWANTARA DALAM PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.
|
Text
tesis full oke.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian jenis penelitian kualitatif deskriptif, sumber data terdiri dari data primer dan skunder berupa buku, jurnal, karya ilmiah, webbsite, analisis data dimulai dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari sumber data, yaitu dokumen resmi, gambar, foto, dan sebagainya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana revitalisasi pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang Pendidikan Budi Pekerti dalam Pendidikan Islam Kontemporer, (2) bagaimana implementasi pemikiran pendidikan budi pekerti Ki Hadjar Dewantara dalam pendidikan Islam kontemporer, (3) bagaimana tantangan pemikiran pendidikan budi pekerti Ki Hadjar Dewantara dalam pendidikan Islam kontemporer. Hasil penelitian ini menunjukkan (1)bahwa Revitalisasi Pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang Pendidikan Budi Pekerti dalam Pendidikan Islam Kontemporer sangat dibutuhkan dalam era sekarang ini salah satu adalah pentingnya suri tauladan yang dilakukan oleh guru atau kyai dalam istilah Ki Hadjar Dewantara dalam sistem among yaitu Ing ngarso sung tulodho. ing madyo mangu karso, tut wuri handayani (2(Implementasi pemikiran revitalisasi pendidikan budi pekerti Ki Hadjar Dewantara dalam pendidikan Islam kontemporer yaitu dengan mengajarkan materi budi pekerti pada tingkatan-tingkatan kelas yang berbeda, di pondok-pondok modern misalnya Sekolah Dasar Islam Terpadu, Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu, pondok modern Gontor dan seterusnya, Implementasi pemikiran pendidikan budi pekerti Ki Hadjar Dewantara dalam pendidikan Islam kontemporer, dilaksanakan melalui proses pendidikan dan pengajaran, yang dilakukan oleh guru, ustadz, kyai (3)Tantangan pemikiran revitalisasi pendidikan budi pekerti Ki Hadjar Dewantara dalam pendidikan Islam kontemporer yaitu adanya (1) relasi kekuasaan dan orientasi pendidikan Islam, (2) Pendekatan/Metode Pembelajaran,(3) Profesionalitas dan Kualitas Sumber Daya Manusia.(3)Lack of Spirit of Inquiry yaitu rendahnya semangat untuk melakukan penelitian/penyelidikan. (4)Memorisasi, pembelajaran hanya bersifat hafalan, (4) Certificate Oriented, Mencari ilmu hanya merupakan sebuah proses untuk mendapatkan sertifikat atau ijazah saja. Kata Kunci: Pendidikan budi pekerti, Ki Hadjar Dewantara, Pendidikan Islam Kontemporer .
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 05:46 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 05:46 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/4181 |
Actions (login required)
View Item |