Wahid Hasyim University | Digital Repository

IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN DALAM MEMBANGUN KARAKTER ASWAJA SISWA MI NU 14 KENDAL

Usman, Latif and Sari, Hernawati (2021) IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN DALAM MEMBANGUN KARAKTER ASWAJA SISWA MI NU 14 KENDAL. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img]
Preview
Text
Usman Latif_18200011051_Magister_PAI.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Membangun karakter Aswaja melalui penerapan metode pembiasaan. Metode Pembiasaan sebagai salah satu cara yang efektif untuk membangun karakter Aswaja, karena siswa dilatih dan dibiasakan untuk melakukannya setiap hari. Pada kesempatan ini penulis bermaksud membahas tentang (1) Implementasi metode pembiasaan dalammembangun karakter aswaja siswa MI NU 14 Kendal (2) Faktor pendukung dan penghambat metode pembiasaan dalam membangun karakter aswaja siswa MI NU 14 Kendal (3) implikasi metode pembiasaan dalam membangun karakter aswaja siswa MI NU 14 Kendal Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang dilakukan dengan menggunakan data kualitatif. Dalam praktiknya, penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data seperti wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif, dari lapangan yang sebelumnya diolah terlebih dahulu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Implementasi metode pembiasaan dalam membangun karakter aswaja didasarkan pada beberapa nilai karakter. Pertama, nilai at-tawasuth (moderat). Kedua, nilai i'tidal (adil). Ketiga, nilai tawazun (seimbang). Keempat, nilai tasamuh (toleransi). (2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi metode pembiasaan dalam membangun karakter aswaja. Faktor yang mendukung pembiasaan dalam membangun karakter aswaja dalam diri peserta didik di MI NU 14 Kendal adalah faktor lingkungan dan adanya pengawasan dari seluruh guru di lingkungan sekolah. Lingkungan berperan penting dalam perilaku peserta didik khususnya di MI NU 14 Kendal. Sedangkan faktor penghambat terdiri dari kurangnya Motivasi peserta didik dalam melaksanakan pembiasaan pembiasaan di lingkungan sekolah. Kedua pengawasan orag tua di lingkungan keluarga. (3 )Implikasi metode pembiasaan dalam upaya membangun karakter aswaja di MI NU 14 Kendal. Pembiasaan pembiasaan dalam membangun karakter aswaja ini memberikan dampak yang positif terhadap sikap-sikap sosial peserta didik MI NU 14 Kendal. Sikap-sikap sosial positif ini berupa ketidak berpihakan peserta didik dalam berinteraksi dengan siapapun. Seperti dalam sikap at-tawasuth peserta didik senantiasa tetap berpendirian teguh terhadap pendapatnya dan tidak ekstrim menganggap pendapat orang lain salah, sikap i 'tidal peserta didik senantiasa adil terhadap dirinya sendiri danemperlakukan orang lain sesuai haknya dan tidak menyakitinya, sikap at- tawazun peserta didik senatiasa seimbang dalam urusan dunia yakni tetap berbaur dengan orang lain dan urusan akhirat yakni senantiasa mengabdi kepada Allah SWT. sikap at-tasamuh peserta didik senantiasa bersikap toleransi terhadap sesama dengan menerima dan menghormati segala bentuk perbedaan yang di jumpai dalam kehidupannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 27 Jan 2024 05:36
Last Modified: 27 Jan 2024 05:36
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/4080

Actions (login required)

View Item View Item