Ulil, Albab and Sari, Hernawati (2021) IMPLIKASI PERAN KEPALA MADRASAH DALAM PEMBIASAAN KARAKTER TAWADHU' DI MA HIDAYATUS SYUBBAN KARANGROTO GENUK KOTA SEMARANG. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.
|
Text
Ulil Albab_18200011207_Pasca Sarjana_PAI.pdf Download (16MB) | Preview |
Abstract
Sekolah mempunyai fenomena yang banyak terjadi adalah hilangnya karakter tawadhu' menjadikan peserta didik menjadi beringas, yang tidak beraturan, mereka menganggap bahwa guru merupakan teman main mereka, sehingga tidak perlu mereka hormati. Dalam kenyataan sehari-hari kita sering menyaksikan baik dalam media massa maupun media cetak seorang siswa berhantam dengan gurunya. Inilah suatu bukti nyata dari hilangnya karakter tawadhu' seorang siswa pada gurunya. Implikasi Peran Kepala Madrasah Dalam Pembiasaan Karakter Tawadhu' di MA Hidayatus Syubban sebagai salah satu lembaga pendidikan yang terus peningkatan kualitasnya, memberikan prioritas peningkatan mutu peserta didik dengan menekankan pembentukan akhlakul karimah salah satunya melalui peningkatan karakter tawadhu' pada diri peserta didik. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan sebagai berikut: 1) Bagaimanakah peran kepala madrasah dalam membentuk karakter tawadhu' di Madrasah Aliyah Hidayatus Syubban Karangoto Genuk Kota Semarang?, 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam kepemimpinan kepala sekolah dalam membentuk karakter tawadhu' di Madrasah Aliyah Hidayatus Syubban Karangroto Genuk Kota Semarang?, 3) Bagaimana upaya optimalisasi faktor pendukung dan upaya meminalisasi faktor penghambat dalam kepemimpinan kepala madrasah dalam membentuk karakter tawadhu' di Madrasah Aliyah Hidayatus Syubban Karangroto Genuk Kota Semarang? Jenis penelitian lapangan ini bersifat kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, data yang telah di dapat kemudian dianalisis melalui analisis data dengan melalui tiga tahapan yaitu reduksi, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian adalah 1) Peran kepala madrasah dalam membentuk karakter tawadhu' di MA Hidayatus Syubban dilakukan dengan menerapkan pola kepemimpinan karismatik dengan mengedepankan perilaku yang baik, penuh keteladanan, kasih sayang. demokratis dalam mengelola madrasah, sehingga setiap elemen yang ada di madrasah menjadi tawadhu' kepada pimpinannya dan melakukan pekerjaan secara ikhlas dan ketakdziman. 2) Faktor pendukung dalam kepemimpinan kepala sekolah dalam membentuk karakter tawadhu' di MA Hidayatus Syubban meliputi kepala sekolah yang karismatik dan penuh keteladanan menjadi faktor yang menentukan dalam pembentukan dan pengembangan karakter tawadhu", sedangkan faktor penghambatnya terkait banyak tugas administrasi yang harus dilakukan guru terkadang pembentukan karakter tawadhu' melalui penugasan menjadi terhambat karena terlalu birokratif, pengaruh kemajuan teknologi dan informasi yang selain membawa dampak positif juga membawa dampak negatif3) Upaya optimalisasi faktor pendukung dalam kepemimpinan kepala sekolah dalam membentuk karakter tawadhu' di MA Hidayatus Syubban terkait model kepemimpinan yang karismatik, demokratis dan memimpin penuh kasih sayang harus terus dikembangkan dalam mengelola madrasah, sedangkan upaya meminimalkan faktor penghambat meliputi membangun budaya ikhlas dalam setiap pekerjaan yang dilakukan baik itu urusannya dengan pembelajaran maupun administrasi, mengarahkan kemajuan teknologi dan informasi pada hal-hal positif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 27 Jan 2024 05:34 |
Last Modified: | 27 Jan 2024 05:34 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/4079 |
Actions (login required)
View Item |