Syamsu, Syamsu and Sari, Hernawati (2021) INTERNALISASI NILAI KARAKTER RELIGIUS SEBAGAI PEMBIASAAN SISWA DALAM MEWUJUDKAN BUDAYA SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 JATIBARANG BREBES. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.
|
Text
Syamsu 1820001182_ Pasca Sarjana_PAI.pdf Download (31MB) | Preview |
Abstract
Era globalisasi membawa pengaruh yang luar biasa dalam berbagai bidang, terutama bidang pendidikan yang didalamnya mampu menggeser cara berprilaku dan bersosialisasi peserta didik dalam pergaulan yang lebih luas tanpa batas ruang dan waktu. Untuk mencegah terjadinya pengaruh negatif dari dampak globalisasi tersebut perlu adanya penguatan pendidikan karakter pada peserta didik. Salah satunya dengan pelaksanaan internalisasi nilai karakter religius sebagai pembiasaan siswa dalam mewujudkan budaya sekolah. HI Fokus penelitian ini adalah untuk membahas aspek Internalisasi Nilai Karakter Religius sebagai Pembiasaan Siswa dalam Mewujudkan Budaya Sekolah di SMA Negeri Jatibarang Brebes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) latar belakang internalisasi nilai karakter religius sebagai pembiasaan siswa dalam mewujudkan budaya sekolah di SMA Negeri 1 Jatibarang Brebes, (2) pelaksanaan internalisasi nilai karakter religius sebagai pembiasaan siswa dalam mewujudkan budaya sekolah di SMA Negeri 1 Jatibarang Brebes, (3) implikasi internalisasi nilai karakter religius sebagai pembiasaan siswa dalam mewujudkan budaya sekolah di SMA Negeri 1 Jatibarang Brebes. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Artinya, data yang dikumpulkan bukan berupa data angka, melainkan data yang berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, catatan atau memo peneliti dan dokumen resmi lain yang mendukung Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Latar belakang internalisasi nilai karakter religius di SMA Negeri 1 Jatibarang Brebes adalah ekses negatif era globalisasi, diantaranya kenakalan remaja. Untuk mengatasi perlu ditanamkan nilai karakter religius, yaitu ketakwaan, keikhlasan, kejujuran, kesopanan, tolong menolong, toleransi, kesetaraan, dan kebersihan (2) Pelaksanaan internalisasi nilai karakter religius siswa SMA Negeri 1 Jatibarang Brebes diimplemtasikan dalam empat hal: (a) ketaqwaan, (b) keikhlasan, (c) kejujuran, dan (c) kebersihan. Keempat nilai tersebut merupakan bentuk dari kepatuhan seorang muslim dalam melaksanakan ajaran Islam. (3) Implikasi internalisasi karakter religius dalam budaya sekolah dapat diamati melalui perubahan prilaku siswa, antaranya: (a) kemampuan menunjukkan prilaku yang baik, seperti melaksanakan kewajiban shalat berjamaah, (b) kemampuan bersikap fleksibel, seperti memiliki rasa toleran terhadap teman, (c) tumbuhnya rasa sungkan untuk melakukan hal yang tidak terpuji, seperti enggan untuk membolos, dan (d) tumbuhnya kesadaran yang tinggi dalam berprilaku terpuji, seperti berani berkta jujur mengakui kesalahannya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 27 Jan 2024 05:32 |
Last Modified: | 27 Jan 2024 05:32 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/4078 |
Actions (login required)
View Item |