Ruslan, Ruslan and Nur, Cholid (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM ΜΕΝΑΝΑΜΚAN NILAI-NILAI SOSIOKULTURAL MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN PADA SMP DI KABUPATEN BREBES. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.
|
Text
Ruslan_18200011080_ Pascasarjana_PAI_21.pdf Download (22MB) | Preview |
Abstract
Implementasi sosiokultural dalam pendidikan karakter yang berwawasan sosial dan budaya atau dengan istilah Sociocultural Based Character Education berbasis pada kearifan dan keunggulan lokal di suatu daerah kedalam materi pelajaran yang relevan menjadi salah satu solusi alternative bagi pelaksanaan pendidikan karakter sesuai dengan keunggulan sosial budaya daerah setempat. Sehingga bangsa Indonesia menjadi bangsa yang beradab dan bermartabat, dapat menciptakan karakter anak, untuk mencegah dekadensi moral dan karakter anak bangsa. Berkaitan dengan latar belakang di atas maka peneliti tertarik terhadap masalah Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam menanamkan Sosiokultural di SMP Negeri 3 Bebes, sehingga mampu tercapai tujuan pembelajaran di sekolah. Seorang guru adalah pemimpin di dalam kelasnya. Pemimpin siswa- siswanya pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Seorang guru pun harus bisa menguasai dan mengendalikan kelas. Guru harus tahu bagaimana cara membuat proses belajar mengajar tidak menjenuhkan dan selalu menyenangkan untuk para siswa, sehingga dibutuhkan strategi-strategi yang tepat dalam prosesnya. Permasalahan penelitian ini tentang realitanya di dalam proses pembelajaran itu guru masih belum bisa mengkondisikan pembelajarannya sesuai yang diharapkan oleh siswa maupun oleh kurikulum yang dituntut. Tidak hanya itu, kadangkala guru belum bisa memahami seperti apa pembelajaran kondusif yang diinginkan siswa, yang nantinya hal itu akan berpengaruh kepada hasil proses pembelajaran siswa itu sendiri. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, karena data yang dikumpulkan berbentuk kata atau gambaran dari naskah wawancara, catatan lapangan dan dokumen pribadi, deskriptif yang penuh nuansa, yang lebih berharga dari pada sekedar pernyataan jumlah atau frekuensi dalam bentuk angka yaitu tentang manajemen pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Bebes Kabupaten Brebes Tahun 2019/2020. Hasil penelitian menggambarkan bahwa Strategi pembelajaran guru PAI dalam menanamkan nilai nilai sosiokutural melalui tiga tahapan: Pertama, sebelum dan ketika proses pembelajaran berlangsung, dimana guru berusaha menguasai melalui pelajaran dengan matang menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), penataan ruang kelas, memperhatikan dan mempertimbangkan keadaan peserta didik, mengetahui kemampuan awal peserta didik dan melatih peserta didik berfikir mendalam. Kedua, strategi di akhir jam pembelajaran meliputi usaha pemberian tes lisan dan tulisan yang berhubungan dengan materi yang diajarkan. Ketiga, strategi di luar jam pelajaran kegiatan meliputi pemberian keteladanan dan motivasi kepada peserta didik untuk memantapkan ilmu pengetahuan dalam bentuk sikap, sifat dan perilaku sehari- hari, yang bernuasa nilai sosiokultural yang berkembang di SMP Negeri 3 Brebes. Faktor pendukung yakni pembentukan integritasi diri peserta didikadalah guru pendidikan agama islam tenaga Guru profesional dan faktor Internal dan Eksternal peserta didik, penghambat adalah perbedaan krakteristik peserta didik, sarana dan prasarana. Pengembangan nilai-nilai sosiokultural keagamaan memang hendaknya menjadi kepribadian peserta yang harus benar-benar dijaga dan dipelihara, akan tetapi arus kemajuan ilmu dan teknologi ternyata membawa pengaruh yang cukup besar terhadap sikap dan kepribadian peserta didik, serta selalu diikuti oleh perubahan tatanan nilai dan norma yang berlaku dalam suatu masyarakat. Adapun upaya pengembangan pembinaan keagamaan peserta didik, tentu tidak akan lepar dari pengaruh tersebutNamun syukurlah budaya kita telah dilandasi oleh nilai- nilai keagamaan sebagai benteng kokoh dalam menghadapi arus perubahan jaman.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 27 Jan 2024 05:19 |
Last Modified: | 27 Jan 2024 05:19 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/4072 |
Actions (login required)
View Item |