Wahid Hasyim University | Digital Repository

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB TAHSINAH DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN ILMU TAJWID SANTRI PONDOK PESANTREN RIYADHUL QUR'AN, KEDUNG-SARI, ROWOSARI, TEMBALANG

Rofida, Ulya and Muh., Syaifudin (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB TAHSINAH DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN ILMU TAJWID SANTRI PONDOK PESANTREN RIYADHUL QUR'AN, KEDUNG-SARI, ROWOSARI, TEMBALANG. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img]
Preview
Text
Rofida Ulya_18200011020_Magister_PAI.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Pondok Pesantren Riyadhul Qur'an, Kedung Sari, Rowosari, Tembalang. Semarang adalah pondok pesantren yang mempunyai fokus mencetak para santri untuk menjadi generasa Qur'ani dengan memahami dan menghafalkan Al- Qur'an. Pembelajaran Ilmu Tajwid merupakan bekal utama dalam membaca al-Qur'an, didalamnya mencakup hukum bacaan, sifat huruf dan makhrijul huruf. Di perlukan kemampuan membaca sejak awal untuk dapat mengamalkan ajaran al-Qur'anJika tidak mempunyai kemampuan membaca, maka akan sulit bagi peserta didik untuk menghafal serta memahami kandungan al-Qur'an. Hal ini tentu tidak terlepas dari metode atau sarana yang digunakan dalam pembelajaran. Metode atau sarana pembelajaran yang bagus dalam pembelajaran, dapat menghasilkan peningkatan kemampuan Ilmu Tajwid al-Qur'an yang bagus pula. Untuk itu, dapat diduga bahwa terdapat pengaruh antara pembelajaran kitab Tahsinah dan Peningkatan Penguasaan Ilmu Tajwid Santri.. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan metode baca Al- Qur'an dalam Kitab Tahsinah. (2) Untuk menganalisis implementasi pembelajaran Kitab Tahsinah di Pondok Pesantren Riyadhul Qur'an. (3) Dapat menganalisa Kitab Tahsinah dalam upaya meningkatkan penguasaan santri terhadap ilmu Tajwīd. Untuk menjawab pertanyaan diatas, penelitian ini menggunakan Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif, penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada sekarang berdasarkan dalam data, menyajikan data, dan menganalisis serta menginterpretasikannya. Fokus penelitian ini tentang implementasi pembelajaran kitab Tahsinah dalam meningkatkan penguasaan ilmu Tajwid di Pondok Pesantren Riyadhul Qur'an. Dengan metodologi tersebut, peneliti menemukan beberapa temuan, bahwa kitab Tahsinah menggunakan metode nazam dengan huruf pegon serta bahasa jawa yang digunakan sangatlah tua. Dengan penelitian ini juga dapat diketahui bahwa kitab Tahsinah dapat meningkatkan penguasaan santri terhadap ilmu Tajwid, Pondok Pesantren ini merupakan satu-satunya pondok di Semarang yang masih melestarikan, mempelajari, kitab-kitab karya- KH. Ahmad Rifa'i.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 27 Jan 2024 05:16
Last Modified: 27 Jan 2024 05:16
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/4071

Actions (login required)

View Item View Item