Wahid Hasyim University | Digital Repository

IMPLEMENTASI AJARAN AHLUSSUNAH WAL JAMAAH AN NAHDLIYYAH DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI UNTUK MENGUATKAN KARKATER SIKAP TOLERANSI DI SEKOLAH MENEGAH PERTAMA KABUPATEN KENDAL

Nur, Rokhman and Muh., Syaifudin (2021) IMPLEMENTASI AJARAN AHLUSSUNAH WAL JAMAAH AN NAHDLIYYAH DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI UNTUK MENGUATKAN KARKATER SIKAP TOLERANSI DI SEKOLAH MENEGAH PERTAMA KABUPATEN KENDAL. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img]
Preview
Text
Nur Rokhman_18200011121_Magister_PAI.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan proses pembudayaan yakni suatu usaha memberikan nilai-nilai luhur kepada generasi baru dalam masyarakat yang tidak hanya bersifat pemeliharaan tetapi juga dengan maksud memajukan serta memperkembangkan kebudayaan menuju ke arah keluhuran hidup manusia. Sehingga sistem yang dibangun idealnya memerdekakan manusia secara lahiriyah dan batiniyah". Pada kesempatan ini penulis bermaksud membahas tentang (1) Bagaimana Desain pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP NU 02 Al Hidayah Kendal.(2) Bagaimana implementasi ajaran Ahlussunah wal Jamaah An Nahdliyyah untuk menguatkan karakter sikap toleran peserta didik di SMP NU 02 Al Hidayah Kendal. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang dilakukan dengan menggunakan kualitatif. Dalam praktiknya, penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data seperti wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif, dari lapangan yang sebelumnya diolah terlebih dahulu. Penelitian ini menunjukan hasil yaitu (1) Menerapkan konsep nilai Tawasuth, Tasamuh, Tawazun dan Amar makruf nahi munkar dalam pembelajaran Aswaja peserta didik di SMP NU 02 Al Hidayah Kendal, membuat pengelolaan lembaga dengan mengembangkan pendidikan harus menerapkan penguatan karakter-karakter nilai Aswaja didalam mengembangkan pendidikan dengan yang terkandung di nilai-nilai tasamuh/toleransupaya peserta didik saling menghargai, menghormati itu diterapkan akan sebagai karakter/kebiasaan, saling menghargai tidak mengagap anak itu lebih rendah dalam kehidupan sehari-hari ketika ada seseorang yang mengalami kesulitan akan dibantuini maka dari itu akan mengambagkan sikap Aswaja.(2) Implementasi ajaran Ahlussunah wal Jamaah An Nahdliyyah untuk menguatkan karakter sikap toleran peserta didik di SMP NU 02 AI Hidayah Kendal tidak hanya memberikan pembelajaran Aswaja melalui teori dalam bentuk pelajaran saja namun juga melaksanakan kegiatan religius dengan menanamkan budaya pembiasaan 5S (senyum, sapa, salam, sopan, santun)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 27 Jan 2024 05:14
Last Modified: 27 Jan 2024 05:14
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/4070

Actions (login required)

View Item View Item