Wahid Hasyim University | Digital Repository

NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM AJARAN TAREKAT NAQSABANDIYAH KHOLIDIYAH DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM (Kajian Kitab Misykatul Qulub Karya KH. Syudja Karangpule Sruweng Kebumen)

Mirza, Afan Ahmad and Nanang, Nurcholis (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM AJARAN TAREKAT NAQSABANDIYAH KHOLIDIYAH DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM (Kajian Kitab Misykatul Qulub Karya KH. Syudja Karangpule Sruweng Kebumen). Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img]
Preview
Text
Mirza Afan Ahmad_A.1710034_Magister_PAI.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Pendidikan akhlak tidak saja diperoleh dari lembaga pendidikan formal maupun non formal.Juga tidak hanya diperoleh dari pendidikan di keluarga.Melalui ajaran tarekat, nilai-nilai pendidikan akhlak disampaikan kepada manusia melalui ajaran-ajaran tarekat, salah satunya adalah tarekat Naqsabandiyah Kholidiyah, dimana salah satu mursyidnya yaitu KH.Syudja telah menulis sebuah kitab tarekat dengan judul Misykatul Qulub yang menjadi landasan bagi jamaahnya untuk mengenal tarekat lebih dekat. Permasalahan penelitian adalah isi dari kitabtarekat Misykatul Qulub karya KH.Syudja Karangpule Sruweng, nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab tarekat Misykatul Qulub karya KH. Syudja Karangpule Sruweng dan relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab tarekat Misykatul Qulub karya KH.Syudja Karangpule Sruweng dengan pendidikan Islam sekarang ini. Penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif, dengan desain penelitian kepustakaan.Sumber data penelitian adalah kitab Misykatul Qulub sebagai sumber data primer.Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari buku-buku yang memiliki relevansi dengan pembahasan penelitian.Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif yaitu dengan mereduksi. penyajian. kesimpulan dan verifikasi. Hasil temuan menunjukkan bahwa: 1) Isi dari kitab tarekat Misykatul Qulub karya KH. Syudja Karangpule Sruweng adalah suatu kitab tarekat yang berisi tentang amalan-amalan tarekat serta jalan untuk menjadi seorang sufi. Selain itu juga kitab ini berisi tentang teologi (Ketuhanan) dan Moral (adab dan tata krama); 2) Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab tarekat Misykatul Qulub karya KH. Syudja Karangpule Sruweng adalah: 1) Nilai Pendidikan Akhlak terhadap Orang Lain yaitu terdiri dari a) akhlak terhadap guru tentang (1) ajaran untuk mengagungkan dan memuliakan guru; (2) ajaran untuk berbakti dan khusnudzan kepada guru; (3) ajaran untuk menjaga kehormatan guru; (4) ajaran sopan santun berbicara dengan guru, b) Akhlak terhadap Orang Lain (teman) yang mengajarkan untuk: (1) mendahului memberikan salam; (2) sopan santun pada teman. 2) Pendidikan Akhlak terhadap Diri Sendiri, yang memberikan pendidikan tentang: a) Selalu ingat Allah mengawasi dirinya; b) Mengingat Allah dalam setiap pekerjaannya; c) Meninggalkan teman atau pergaulan yang buruk; d) Hidup sederhana dan tidak berlebih-lebihan; e) Menjaga Kesucian walaupun sedang tidur: dan f) Tidak mengharapkan pemberian dari orang lain; 3) Relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab tarekat Misykatul Qulub karya KH. Syudja Karangpule Sruweng dengan pendidikan Islam sekarang ini tentunya masih sangat relevan, karena pendidikan akhlak dalam ajaran tarekat di dalam kitab Misykatul Qulub selaras dan searah dengan tujuan pendidikan Islam yaitu terbentuknya manusia yang berakhlak mulia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 27 Jan 2024 04:56
Last Modified: 27 Jan 2024 04:56
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/4066

Actions (login required)

View Item View Item