Wahid Hasyim University | Digital Repository

METODE PEMBELAJARAN KITAB TUHFATUL ATHFAL KARYA SYEKΗ SULAIMAN BIN HUSAIN MUHAMMAD AL-JAMZURI DALAM KEFASHIHAN MEMBACA AL-QUR'AN RELEVANSINYA DENGAN INTERNALISASI AL-QUR'AN PADA SANTRI PONDOK PESANTREN MANBA'UL A'LAA PURWODADI

Irham, Fuadi and Shidqon, Prabowo (2021) METODE PEMBELAJARAN KITAB TUHFATUL ATHFAL KARYA SYEKΗ SULAIMAN BIN HUSAIN MUHAMMAD AL-JAMZURI DALAM KEFASHIHAN MEMBACA AL-QUR'AN RELEVANSINYA DENGAN INTERNALISASI AL-QUR'AN PADA SANTRI PONDOK PESANTREN MANBA'UL A'LAA PURWODADI. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img]
Preview
Text
Irham Fuadi_A1710037_Magister_PAI.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Mengingat pentingnya peran Al-Qur'an bagi kehidupan manusia, maka pengenalan Al-Qur'an mutlak diperlukan. kitab Tuhfatul Athfal sebagai salah satu metode pembelajaran Ilmu Tajwid yang digunakan sebagai rujukan mempelajari al- Qur'an dengan baik dan tertib berkaitan dengan makhrajnya, panjang pendeknya, tebal tipisnya, berdengung atau tidaknyairama dan nadanyaserta kefasihan membaca Qur'an santri Pondok relevansinya dengan internalisasi Al-Qur'an di Pondok Pesantren Manba'ul A'laa Purwodadi. Permasalahan Penelitian adalah Metode Pembelajaran Kitab Tuhfatul Athfal Karya Syeikh Sulaiman Bin Husain Muhammad Al-Jamzuri dalam Kefashihan. Membaca Al-Qur'an Relevansnya dengan Internalisasi Al-Qur'an Pada Santri Pondok Pesantren Manba'ul A'laa Purwodadi. Penelitian ini merupakan kualitatif-deskriptif, sumber data dalam penelitian ini antara lain, ustadz, pengasuh, waka kurikulum, santri, warga Pondok Pesantren Manba'ul A'laa Purwodadi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, observasi. Teknis analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verivikasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik trigulasi. Hasil temuan menunjukkan bahwa Metode pembelajaran Kitab Tuhfatul Athfal Karya Syeh Sulaiman Bin Husain Al-Jamzuri dalam kefasihan membaca Al- Qur'an dalam penyampaiannya menggunakan beberapa metode a. metode Jibril adapun tahapan dalam metode tersebut meliputi: Tahqiq dan Tartil bMetode Thalaqi adapun tahap-tahapnya meliputi: Musyafahat, Resitasi, dan Takrir sehingga para santri Pondok Pesantren mampu melafalkan huruf sesuai makhorijul hurufnya dan sifat-siafatnya dan cara menjaga kefasihan membacanya Selain fasih dan tartil dalam membaca Al-Qur'an para santri Pondok Pesantren Manba'ul A'laa Purwodadi juga sudah terlihat nilai-nilai internalisasi Al- Qur'an diantaranya munculnya beberapa nilai hikmah dalam nadhom meliputi, dermawan, amal solih, taqwa, menjahui orang dholim, optimis, lapan dada, menyambung saudara, dan menghindari su'udzon dan mendatangi orang alim karena ilmunya. Menunjukkan bahwa Kitab Tuhfatul Athfal Karya Syeikh Sulaiman Bin Husain Muhammad Al-Jamzuri sebagai bidang ilmu tajwid juga dapat dipelajari dengan aspek bidang keilmuan yang lain (interdisipliner) untuk mencapai bidang tersebut maka ada cara untuk menyinkronisasikan (Interconection) yaitu dengan pendekatan pembelajaran Tematik dan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Menyenangkan. Telah nampak dalam diri para santri pada kegiatan-kegiatan Pondok Pesantren yang terencana mulai dari harian, mingguan, bulanan dan tahunan. Kiranya penelitian ini dapat dikembangkan sehingga tidak terpaku kepada suatu metode, akan tetapi dapat memformulasikannya dengan metode lain yang dianggap tepat dan sesuai dengan materi pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 27 Jan 2024 04:45
Last Modified: 27 Jan 2024 04:45
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/4061

Actions (login required)

View Item View Item