Entin, Agustinawati and Sari, Hernawati (2021) KOLABORASI GURU BIMBINGAN KONSELING DAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGANI SISWA BERMASALAH DI MTS HIDAYATUL UMMAH MALAHAYU KABUPATEN BREBES. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.
|
Text
Entin Agustinawati_18200011100_Magister_PAI.pdf Download (25MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi serta dokumentasi. Ada pun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana data yang telah terkumpul tersusun dan diklasifikasikan sehingga dapat menjawab rumusan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kolaborasi, dampak kolaborasi dan faktor pendukung dan penghambat adanya kolaborasi antara Guru Bimbingan Konseling dan Guru Pendidikan Agama Islam dalam menangani siswa bermasalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi antara guru Bimbingan Konseling dan Guru Pendidikan Agama Islam dilakukan dalam hal kolaborasi dalam melakukan pencatatan bersama mengenai siswa bermasalah, melakukan langkah-langkah penanganan, melakukan koodinasi dan kerjasam dalam melaksanakan tugas, dan menciptakan kegiatan bersama untuk siswa. Faktor pendukung kolaborasi Guru Bimbingan Konseling dan Guru Pendidikan Agama Islam dalam menangani siswa bermasalah di MTs Hidayatul Ummah Malahayu Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes adalah terbentuk kerjasama dan koordinasi dalam tugasprogram madrasah yang jelas, peran orang tua dan masyarakat yang kooperatif dan kemauan dari siswa untuk berubah dan menyadari perilaku yang salah. Faktor penghambat adalah siswa yang terikat kepada komunitas, orang tua yang kurang kooperatif dan merespon menyulitkan. madrasah untuk berkomunikasi dan membuka permasalaan siswa dan penyelesaian yang akan diterapkan oleh madrasah. Dampak kolaborasi Guru Bimbingan Konseling dan Guru Pendidikan Agama Islam dalam menangani siswa bermasalah di MTs Hidayatul Ummah Malahayu Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes terdiri atas dampak positif yaitu administrasi lebih baik, penanganan lebih terarah, mendorong peran aktif guru dan siswa dalam melaksanakan program madrasah, menumbuhkan kepercayaan orang tua dan masyarakat kepada madrasah, menanamkan dan mengembalikan rasa percaya diri siswa dalam bergaul dan bersosialisasi di rumah dan di sekolah atau madrasah dan membuka komunikasi siswa dan orang tua. Dampak negatif yaitu memberikan kesan tidak baik bagi madrasah dari orang tua siswa bermasalah karena dianggap tidak adil dalam memberikan keputusan akhir kepada siswa-siswa yang bermasalah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 27 Jan 2024 04:42 |
Last Modified: | 27 Jan 2024 04:42 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/4060 |
Actions (login required)
View Item |