Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, KOMPETENSI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG

Ahmad, Sirojul Munir and Ifada, Retno Ekaningrum (2021) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, KOMPETENSI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img]
Preview
Text
Ahmad Sirojul Munir_1710003_Pasca Sarjana_PAI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan supervisi akademik, kompetensi dan motivasi kerja diharapkan mampu meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Adanya program tersebut oleh pengawas maupun kepala sekolah secara berkelanjutan bertujuan menjadikan mutu pendidikan agama islam lebih berkualitas. Rumusan masalah penelitian ini meliputi adakah pengaruh supervisi akademik, kompetensi, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam di Kecamatan Gunungpati kota Semarang, baik secara parsial maupun simultan? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan responden semua guru Pendidikan Agama Islam yang berjumlah 40 guru. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dengan skala likert 1-5. Data dianalisis dengan regresi liner berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) supervise akademik berpengaruh positif terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam. 2) kompetensi berpengaruh positif terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam. 3) motivasi kerja berpengaruh positif terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam, 4) supervisi akademik, kompetensi dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 27 Jan 2024 04:21
Last Modified: 27 Jan 2024 04:21
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/4055

Actions (login required)

View Item View Item