Wahid Hasyim University | Digital Repository

KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM AL QUR'AN SURAT AL-BAQARAH AYAT 129 DAN URGENSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL (Kajian Terhadap Al-Tafsir Al-Kabir Mafatih Al-Ghayb Karya Fakhruddin Al-Razi dan Tafsir Al-Maraghi Karya Musthafa Al-Maraghi)

Ahmad, Liwaaul Hamdi and Nanang, Nurcholis (2021) KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM AL QUR'AN SURAT AL-BAQARAH AYAT 129 DAN URGENSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL (Kajian Terhadap Al-Tafsir Al-Kabir Mafatih Al-Ghayb Karya Fakhruddin Al-Razi dan Tafsir Al-Maraghi Karya Musthafa Al-Maraghi). Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img]
Preview
Text
Ahmad Liwaaul Hamdi_A1710036_Magister_PAI.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Karakter generasi saat ini sudah sangat jauh dari yang diharapkan, hal ini dapat kita lihat bagaimana karakter dan moral anak bangsa saat ini sangatlah lemah. Di dunia pendidikan. contohnya saja kebiasaan menyontek saat ujian, tawuran antar pelajar, merokok, kekerasan terhadap teman, pergaulan bebas, penyalagunaan obat-obatan, bullying, pornografi, pelecehan seksual, dan kenakalan-kenakalan remaja lainnya. Faktor yang menyebabkan karakter anak bangsa yang kurang saat ini adalah kurangnya pendidikan yang bersumber dari Al-Qur'an dan as-Sunnah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptis dengan mendeskripsikan dan menganalisis secara intensif tentang Konsep Pendidikan Karakter Dalam QS. Al-Baqarah: 129 (Kajian Terhadap Al-Tafsir Al-Kabir Mafatih Al-Ghayb Karya Fakhruddin Al-Rāzī Dan Tafsir Al-Maraghi Karya Musthafa Al-Maraghi) Konsep pendidikan karakter dalam QS. Al-Baqarah ayat 129 perspekti al-Razi dan al- Maraghi menghadirkan 9 model pendidikan karakter yaitu, tadzkirah, ibrah, mengajarkan kejujuran, teladan (role model), motivasi, ancaman, nasehat, mengingatkan dan membiasakan. Urgensitas dilaksanakan pendidikan karakter adalah untuk memperbaiki moral manusia melalui dunia pendidikan sehingga terbentuk insan profetik. konsep pendidikan karakter dalam QS. Al-Baqarah ayat 129 perspekti al-Razi dan al-Maraghi yang menghadirkan 9 model pendidikan karakter diharapkan mampu mewujudkan tujuan pendidikan nasional yakni, mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 27 Jan 2024 04:15
Last Modified: 27 Jan 2024 04:15
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/4053

Actions (login required)

View Item View Item